Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Nagari Pitalah Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Data

Nailul Ma'rifat, - (2022) Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Nagari Pitalah Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Data. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
Nailul Ma_rifat-1712040008-BAB I - Nailul Marifat.pdf

Download (409kB)
[img] Text (Bab II)
Nailul Ma_rifat-1712040008-BAB II - Nailul Marifat.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
Nailul Ma_rifat-1712040008-BAB III - Nailul Marifat.pdf

Download (255kB)
[img] Text (Bab IV)
Nailul Ma_rifat-1712040008-BAB IV - Nailul Marifat.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
Nailul Ma_rifat-1712040008-BAB V - DAFTAR PUSTAKA - Nailul Marifat.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Nailul Ma_rifat-1712040008-COVER Dll - Nailul Marifat.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Nailul Ma_rifat-1712040008-fulltext - Nailul Marifat.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Nagari Pitalah Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar” ditulis oleh Nailul Ma’rifat NIM 1712040008, Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Imam Boniol Padang. Permasalahan ekonomi salah satunya kemiskinan merupakan permasalahan yang banyak dialami oleh negara-negara berkembang termasuk negara Indonesia. Pemerintah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi melakukan berbagai cara untuk memberantas kemiskinan, salah satunya dengan mengeluarkan kebijakan pro masyarakat miskin yang diwujudkan dalam bentuk Program Keluarga Harapan (PKH). Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan penulis terhadap upaya yang dilakukan masyarakat penerima bantuan Program Keluarga Harapan untuk peningkataan kesejahteraannya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja bentuk upaya-upaya yang dilakukan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), dan apa saja faktor-faktor yang menghambat dalam peningkataan kesejahteraan masyarakat penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, subjek penelitian adalah fasilitator Nagari atau penanggung jawab PKH di Nagari Pitalah, pendamping PKH Nagari Pitalah, dan anggota PKH Nagari Pitalah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ditemukan bentuk-bentuk upaya yang dilakukan masyarakat penerima bantuan Program Keluarga Harapan di nagari Pitalah yaitu masyarakat penerima bantuan harus memanfaatkan dana bantuan PKH dengan mengutamakan kebutuhan pendidikan dan kesehatan, masyarakat harus mampu memanfaatkan peluang potensi yang ada seperti menggunakan dana bantuan PKH untuk tambahan modal usaha kecil sendiri dengan syarat sudah terpenuhinya kebutuhan pendidikan dan kesehatan, dan masyarakat harus menjalankan kelompok usaha bersama untuk mencari peluang potensi pada setiap anggota setelah kepesertaan mereka selesai dari Program Keluarga Harapan (PKH). Dan ditemukan beberapa faktor penghambat dalam peningkatan ekonomi masyarakat penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yakni masyarakat tidak disiplin dalam memberikan laporan wajib kepada pendamping PKH terhadap pemanfaatan dana bantuan, masyarakat menganggap kelompok usaha bersama yang ditetapkan hanya sebagai formalitas saja, dan masyarakat lebih suka bantuan instan dari pemerintah dan masih susah mencari peluang potensi yang ada pada setiap anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Dakwah Islam, Penyebaran Islam
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 01 Feb 2023 08:43
Last Modified: 01 Feb 2023 08:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11439

Actions (login required)

View Item View Item