KEMITRAAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NAGARI (LPMN) DENGAN KELOMPOK TANI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kelompok Tani di Nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman)

AZHARI, AZHARI (2022) KEMITRAAN LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NAGARI (LPMN) DENGAN KELOMPOK TANI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kelompok Tani di Nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Azhari_1612040033_BAB I Asli - Harry Bravo.pdf

Download (455kB)
[img] Text (Bab II)
Azhari_1612040033_BAB II Asli - Harry Bravo.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
Azhari_1612040033_BAB III Asli - Harry Bravo.pdf

Download (168kB)
[img] Text (Bab IV)
Azhari_1612040033_BAB IV - Harry Bravo.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text
Azhari_1612040033_BABVKesimpulan, Pustaka - Harry Bravo.pdf

Download (372kB)
[img] Text (Fulltext)
Azhari_1612040033_full - Harry Bravo.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Azhari_1612040033_kover dll - Harry Bravo.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Kemitraan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari (LPMN) Dengan Kelompok Tani Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Studi Kelompok Tani di Nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman)” ditulis oleh Azhari NIM 1612040033. Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.(2022), 88 halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kemitraan antara Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari (LPMN) dengan kelompok tani dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kelompok tani di nagari Binjai, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman. Sebagaian besar masyarakat nagari Binjai berprofesi sebagai petani, dan LPMN bersama pemerintah berusaha meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kelompok tani. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk-bentuk kemitraan LPMN dengan pemerintah, mengetahui Model Mutualisme Partnership, dan model conjugation partnership yang dilakukan LPMN dengan pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat (kelompok tani) di nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengurus LPMN, pemerintah Nagari Binjai dan kelompok tani. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan di lapangan dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) bentuk kemitraan yang dilakukan LPMN dengan kelompok tani dalam pembangunan fisik berupa akses jalan lahan pertanian dan pembangunan irigasi. Kemudian pembangunan non fisik berupa melakukan peningkatan dan kemampuan sumber daya manusia dengan program pelatihan pembuatan pupuk kompos, pelatihan penanaman padi sistem LEGOWO, pelatihan penggunaan pupuk eco farming serta pelatihan kewirausahaan petani dan sekolah lapangan kelompok tani. (2)Bentuk model Mutualisme Partnership berdasarkan prinsip dalam kemitraan yaitu : (a)kesetaraan dan keseimbangan antara LPMN dengan kelompok tani, (b)keterbukaan atau transparansi terhadap kegiatan kemitraan LPMN dengan kelompok tani, (c)kemitraan LPMN dengan kelompok tani saling menguntungkan dengan saling menerima manfaat. (3)Bentuk dari model Conjugation yaitu : (a) LPMN melakukan peleburan kemitraannya secara Horizontal yaitu dengan pihak yang memiliki kedudukan sejajar dengan LPMN seperti tokoh masyarakat, lembaga adat nagari (LAN), kepala Jorong, kelompok tani, Pemuda (Karang Taruna) Bundo kanduang (b) Secara vertikan LPMN melalui pemerintah nagari Binjai melakukan peleburan kemitraannya dengan Dinas Pertanian Kabupaten dan Provinsi Sumatera Barat, Yayasan Eco Farming (PT. BEST) dan Kontraktor alat berat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 06 Oct 2022 08:09
Last Modified: 06 Oct 2022 08:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11309

Actions (login required)

View Item View Item