SARIFATUL, AINI (2022) ELAAH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA BUKU TEMATIK KELAS III SD/MI. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
SARIFATUL AINI_1514070002_COVER DLL.pdf - Sarifatul Aini.pdf Download (484kB) |
|
Text
SARIFATUL AINI_1514070002_BAB I.pdf - Sarifatul Aini.pdf Download (281kB) |
|
Text
SARIFATUL AINI_1514070002_BAB II.Pdf - Sarifatul Aini.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
|
Text
SARIFATUL AINI_1514070002_BAB III.pdf-1 - Sarifatul Aini.pdf Download (74kB) |
|
Text
SARIFATUL AINI_1514070002_BAB IV.pdf - Sarifatul Aini.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
Text
SARIFATUL AINI_1514070002_BAB V, PUSTAKA.pdf - Sarifatul Aini.pdf Download (230kB) |
|
Text
SARIFATUL AINI_1514070002_FULLTEKS.pdf - Sarifatul Aini.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
"Telaah Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Buku Tematik Kelas III SD/MI". Skripsi ini ditulis oleh Sarifatul Aini NIM 1514070002 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang pada tahun 2022. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran video pada buku tematik tema 1 subtema 1 tingkat SD/MI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang tempat penelitiannya dilakukan di pustaka. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer yaitu teori atau jurnal dan buku tematik pada tema 1 subtema 1 tentang "Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup" Kelas III SD, dan data Skunder yaitu buku-buku, dan jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Kemudian data diolah melalui menentukan tujuan, pengumpulan data, reduksi dan menafsirkan dan menganalisa data yang menggungkap tentang analisis pemanfaatan media pembelajaran video pada buku tematik. Hasil penelitian ini mengungkap beberapa hal tentang pemanfaatan media pembelajaran video pendidik menjelaskan materi pembelajaran tematik terlebih dahulu, kemudian kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan pendidik mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui tanya jawab terkait materi pembelajaran tematik, setelah itu pendidik memutarkan media video pembelajaran. Kelebihan dan kelemahan sebuah media pembelajaran pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga dengan media video. Dalam penayangannya video tidak dapat berdiri sendiri, media video ini membutuhkan alat pendukung seperti LCD untuk memproyeksikan gambar maupun speaker aktif untuk menampilkan suara agar terdengar jelas. Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Video dan Buku Tematil
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 04:32 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 04:32 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11262 |
Actions (login required)
View Item |