PENGARUH MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 34 AIR PACAH PADANG

Tari, Yozaril Putri (2022) PENGARUH MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 34 AIR PACAH PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Tari Yozaril Putri_1814070022_Cover, dll - 0020 Sovia Yoni Putri.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Tari Yozaril Putri_1814070022_Bab I - 0020 Sovia Yoni Putri.pdf

Download (360kB)
[img] Text
Tari Yozaril Putri_1814070022_Bab II - 0020 Sovia Yoni Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
Tari Yozaril Putri_1814070022_Bab III - 0020 Sovia Yoni Putri.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Tari Yozaril Putri_1814070022_Bab IV - 0020 Sovia Yoni Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
Tari Yozaril Putri_1814070022_Bab V, Daftar Pustaka - 0020 Sovia Yoni Putri.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Tari Yozaril Putri_1814070022_Fulltext - 0020 Sovia Yoni Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

“Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kartun Terhadap Keterampilan Menyimak pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 34 Air Pacah”. ditulis oleh Tari Yozaril Putri NIM 1814070022 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang kurang berminat dalam pembelajaran menyimak cerita sehingga berdampak terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik di kelas IV, yang berjumlah 60 peserta didik terdapat 35 peserat didik atau 58,33% yang berada dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah 75. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan Media Wayang Kartun dalam pembelajaran. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wayang kartun terhadap keterampilan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimen) dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV. Mengambil sampel sebanyak 20 peserta didik kelas eksperimen dan 20 peserta didik kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wayang kartun berpengaruh terhadap keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas IV SDN 34 Air Pacah. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata pretest yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 66,25 sedangkan rata-rata pretest yang diperoleh kelas kontrol yaitu 69,50. Setelah dilakukan tindakan pada kedua kelas, maka diperoleh rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 79,50, sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 75,75. Dari perhitungan t-test dengan taraf signifikansi 0.05 diperoleh thitung (32,910) > ttabel (2,22691) dan nilai sig (0,000) < 0,05. Nilai t hitung > t tabel atau sig. < 0,05 menunjukkan keterampilan menyimak cerita kedua kelas berbeda secara signifikan. Sehingga hal ini membuktikan bahwa penggunaan media wayang kartun berpengaruh terhadap keterampilan menyimak pada siswa kelas IV SDN 34 Air Pacah. Kata Kunci: Media Wayang Kartun, Keterampilan Menyimak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 05 Oct 2022 02:31
Last Modified: 05 Oct 2022 02:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11242

Actions (login required)

View Item View Item