PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD/MI

SINTYA, EKA CHANDRA (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD/MI. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Sintya Eka Chandra_1814070044_Cover,dll - Serly Afrimardevi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Sintya Eka Chandra_1814070044_Bab I - Serly Afrimardevi.pdf

Download (796kB)
[img] Text
Sintya Eka Chandra_1814070044_Bab II - Serly Afrimardevi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (983kB)
[img] Text
Sintya Eka Chandra_1814070044_Bab III - Serly Afrimardevi.pdf

Download (858kB)
[img] Text
Sintya Eka Chandra_1814070044_Bab IV - Serly Afrimardevi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Sintya Eka Chandra_1814070044_Bab V-Daftar Pus - Serly Afrimardevi.pdf

Download (857kB)
[img] Text
Sintya Eka Chandra_1814070044_Produk - Serly Afrimardevi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sintya Eka Chandra_1814070044_Fulltext - Serly Afrimardevi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Make A Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD/MI, ditulis oleh Sintya Eka Chandra 1814070044 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022 Latar belakang penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan ditemukan terbatasnya sumber belajar dan sumber pengembangan kreativitas pendidik dalam pembelajaran, dan tenaga pendidik kurang maksimal dalam penggunaan bahan ajar, sehingga peserta didik mudah merasa bosan. Kondisi ini mempengaruhi terhadap rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu cara untuk mengatasi hasil belajar yang rendah adalah dengan mengembangkan sebuah bahan ajar berupa Modul Pembelajaran Tematik Terpadu ini agar dapat digunakan sebagai bahan ajar pendamping untuk menunjang proses pembelajaran serta dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, pratikalitas, efektifitas pengembangan modul pembelajaran tematik terpadu berbasis make a macth dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD/MI, dan juga menghasilkan sebuah bahan ajar berupa modul pembelajaran tematik terpadu berbasis make a match yang valid, praktis, dan efektif. Manfaat penelitian secara teoritis untuk menambah ilmu pengetahuan dalam mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran tematik terpadu, sedangkan secara praktis modul pembelajaran tematik terpadu dapat dikembangkan oleh berbagai pihak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Penyebaran (Disseminate). Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi, angket praktikalitas, dan tes uji efektif produk berupa soal. Uji validasi modul pembelajaran tematik diberikan kepada 3 validator ahli dinilai dari aspek media, materi, bahasa. Uji praktikalitas diberikan kepada 2 orang pendidik dan 5 orang peserta didik pada skala kecil, dan 10 orang peserta didik pada skala besar. Jenis data yang di hasilkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis datanya dianalisis melalui uji t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Pertama, deskripsi dikembangkan modul pembelajaran tematik. Kedua, desain modul pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kategori kriteria valid, praktis, dan efektif. Ketiga, hasil validitas yang diperoleh aspek bahasa,materi,bahasa memperoleh rata-rata validitas sebesar 92,22% dengan kategori sangat valid, sedangkan hasil praktikalitas dari pendidik dan peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 88,66% dengan kategori sangat praktis, dan pada tes soal objektif dan essay didapatkan rata-rata Pre-test 62,3 dan rata-rata Post-test 82,2. Dari analisis melalui uji t dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa t hitung t tabel (2,063). Karena thitung lebih besar pada ttabel maka hipotesis Ha diterima H0 ditolak, artinya terdapat signifikansi perbedaan hasil belajar sebelum menggunakan modul dan sesudah menggunakan modul pembelajaran tematik terpadu berbasis make a match pada peserta didik kelas V SD/MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 08:07
Last Modified: 04 Oct 2022 08:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11236

Actions (login required)

View Item View Item