PUTRI, HANDAYANI (2022) STRATEGI MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS IV SDN 10 BALIMBING. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Putri Handayani_1814070023_COVER DLL - Putri Handayani.pdf Download (357kB) |
|
Text
Putri Handayani_1814070023_BAB I - Putri Handayani.pdf Download (674kB) |
|
Text
Putri Handayani_1814070023_BAB II - Putri Handayani.pdf Download (649kB) |
|
Text
Putri Handayani_1814070023_BAB III - Putri Handayani.pdf Download (489kB) |
|
Text
Putri Handayani_1814070023_BAB IV - Putri Handayani.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
|
Text
Putri Handayani _1814070023_Bab V-Dapus - Putri Handayani.pdf Download (506kB) |
|
Text
Putri Handayani_1814070023_fulltext - Putri Handayani.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
“Strategi Membangun Karakter Disiplin Siswa Kelas IV SDN 10 Balimbing” jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada siswa yang melanggar peraturan seperti siswa yang datang kesekolah tidak tepat waktu, siswa yang tidak memakai seragam yang lengkap, kurangnya rasa hormat terhadap guru, kurangnya kekompakan antara orang tua dan guru dalam memberikan motivasi untuk siswa, serta kurangnya perhatian orang tua terhadap anaknya. Strategi dalam membangun karakter disiplin siswa di SDN 10 Balimbing secara umum sudah sesuai dengan karaktristik disiplin akan tetapi dalam pelaksanaannya belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakter disiplin peserta didik di SDN 10 Balimbing, untuk mengetahui program yang dicanangkan dalam membangun karakter disiplin siswa kelas IV SDN 10 Balimbing, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membangun karakter disiplin siswa kelas IV SDN 10 Balimbing. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research),dengan pendekatan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan menggunakan teknik analisi data: reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi 3 aspek yaitu: Pertama, gambaran umum karakter disiplin siswa SDN 10 Balimbing pada umumnya sudah memenuhi kriteria disiplin dengan baik, meliputi datang dan pulang tepat waktu, hadir di kelas sesuai jadwal pelajaran yang ditentukan, mengumpulkan tugas tepat waktu, bersikap tenang dalam proses belajar mengajar, memperhatikan penjelasan guru,dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Namun dalam hal ini perlu adanya peningkatan. Kedua, program yang dicanangkan dalam membangun karakter disiplin siswa SDN 10 Balimbing telah baik dan juga dalam pelaksanaan telah memperhatikan beberapa indikator pentingnya disiplin seperti adanya peraturan, hukuman, penghargaan, dan konsistensi. Dari hal tersebut yang masih terabaikan yaitu ketidak konsistennya dalam pemberian hukuman. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam membangun karakter disiplin yaitu dengan adanya dua faktor: 1) faktor internal seperti adanya kesadaran dari siswa, adanya motivasi yang diberikan, dan keterbatasan waktu; 2) faktor eksternal seperti bergaul dengan lingkungan yang baik, adanya miskomunikasi antara orang tua dan guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 04:41 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 04:41 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11212 |
Actions (login required)
View Item |