ITA, JULI YANTI DAULAY (2022) IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN KARAKTER SISWA DI SD NEGERI 22 ANDALAS BARAT. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Ita Juli Yanti Daulay 1814070020_cover dll - 0020 Ita Juli Yanti Daulay.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ita Juli Yanti Daulay 1814070020_Bab I - 0020 Ita Juli Yanti Daulay.pdf Download (264kB) |
|
Text
Ita Juli Yanti Daulay 1814070020_Bab II - 0020 Ita Juli Yanti Daulay.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
|
Text
Ita Juli Yanti Daulay 1814070020_Bab III - 0020 Ita Juli Yanti Daulay.pdf Download (363kB) |
|
Text
Ita Juli Yanti Daulay 1814070020_Bab IV - 0020 Ita Juli Yanti Daulay.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
|
Text
Ita Juli Yanti Daulay 1814070020_bab v- dapus - 0020 Ita Juli Yanti Daulay.pdf Download (494kB) |
|
Text
Ita Juli Yanti Daulay 1814070020_fulltext - 0020 Ita Juli Yanti Daulay.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
“Implementasi Budaya Sekolah Dalam pembinaan Karakter Siswa di SD Negeri 22 Andalas Barat” Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Pada Tahun 1443 H/ 2022 M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku awal yang ditunjukkan oleh anak-anak dimasa kecilnya. Seperti, berkata kotor dan pencurian. Ketidakpedulian orang tua tentang perilaku anaknya menjadikan karakter anak semakin terpuruk. Karenanya dibutuhkan solusi untuk membina karkter bagi anak melalui pembiasaan-pembiasaan positif yang mampu membina karakternya secara bertahap. Dari inilah peran lembaga pendidikan seperti SD Negeri 22 Andalas Barat untuk membina karakter siswa melalui budaya sekolah yang ada di dalamnya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter dan budaya sekolah dalam pengimplementasian budaya sekolah dalam pembinaan karakter siswa di SD Negeri 22 Andalas Barat. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif, dimana peneliti berusaha menggambarkan secara lengkap tentang fenomena yang terjadi secara sistematis. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah metode wawancara terstruktur untuk peserta didik dan tidak terstruktur untuk kepala sekolah dan guru kelas. Selain metode wawancara, peneliti juga menggunakan metode observasi dan dokumetasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi budaya sekolah dalam membina karakter siswa menunjukkan hasil yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari perilaku siswa sehari-hari baik disekolah maupun dirumah. Adapun karakter yang dimaksud ialah seperti religius, juju, disiplin, mandiri, cinta tanah air, dan sebagainya. Tentunya hal ini tercapai berkat dukungan dari berbagai pihak, khususnya orang tua. Kata Kunci: Budaya Sekolah, Karakter
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 04:10 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 04:10 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11198 |
Actions (login required)
View Item |