PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV UPT SDN 09 LABUHAN TANJAK SKRIPSI

GUSTIA, NINGSIH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV UPT SDN 09 LABUHAN TANJAK SKRIPSI. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Gustia Ningsih_1814070013_Cover dll - 0013 Gustia Ningsih.pdf

Download (551kB)
[img] Text
Gustia Ningsih_1814070013_Bab I - 0013 Gustia Ningsih.pdf

Download (628kB)
[img] Text
Gustia Ningsih_1814070013_Bab II - 0013 Gustia Ningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] Text
Gustia Ningsih_1814070013_Bab III - 0013 Gustia Ningsih.pdf

Download (654kB)
[img] Text
Gustia Ningsih_1814070013_Bab IV - 0013 Gustia Ningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
Gustia Ningsih_1814070013_Bab V - 0013 Gustia Ningsih.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Gustia Ningsih_1814070013_Fulltext - 0013 Gustia Ningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

“Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas IV UPT SDN 09 Labuhan Tanjak”, yang ditulis oleh Gustia Ningsih, NIM 1814070013, pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Latar belakang penelitian ini berdasarkan studi pendahuluan kurangnya keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Peserta didik kurang memperhatikan pendidik saat menyampaikan materi, malu bertanya dan menyampaikan pendapat. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya inovasi pendidik dalam menggunakan model pembelajaran yang lebih mengaktifkan kegiatan peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV UPT SDN 09 Labuhan Tanjak?. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran pretest, posttest dan pengaruh model Kooperatif Tipe Time Token terhadap keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV UPT SDN 09 Labuhan Tanjak. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Adapun secara khusus untuk mengetahui gambaran pretest, posttest dan pengaruh model Kooperatif Tipe Time Token terhadap keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV UPT SDN 09 Labuhan Tanjak. Manfaat penelitian secara teoritis adalah mengembangkan model pembelajaran dalam pendidikan dasar khususnya model Kooperatif Tipe Time Token, manfaat secara praktis dapat dikembangkan oleh berbagai pihak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa angket dan lembar observasi. Data analisis secara deskriptif yang didahului dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini adalah pertama, hasil nilai pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dilakukan uji normalitas diperoleh nilai L0< Ltabel, yaitu 0,128< 0,2 pada kelas eksperimen dan 0,104< 0,2 pada kelas kontrol, maka sampel berdistribusi normal. Perhitungan uji homogenitas nilai pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf α = 0,05 diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,009 < 2,271 sehingga sampel memiliki varians homogen. Kedua, hasil nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dilakukan uji normalitas diperoleh nilai L0< Ltabel, yaitu 0,145 < 0,2 pada kelas eksperimen dan 0,117< 0,2 pada kelas kontrol, maka sampel berdistribusi normal. Perhitungan uji homogenitas nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf α = 0,05 diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,898 < 2,271 sehingga sampel memiliki varians homogen. Ketiga, berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,533 > 2,032. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari perbandingan nilai pretest dan posttest. Kelas kontrol nilai pretest 80,94, nilai posttest 82,05 dengan peningkatan 1,11. Sedangkan kelas eksperimen nilai pretest 82,94, nilai posttest 87,77, dengan peningkatan 4,83.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:52
Last Modified: 04 Oct 2022 02:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11190

Actions (login required)

View Item View Item