PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE THINK TALK WRITE DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK DI KELAS V SDN 37 ANDURING

DILLA, ARDANTI. Z (2022) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE TIPE THINK TALK WRITE DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK DI KELAS V SDN 37 ANDURING. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Dilla Ardanti. Z_1814070105_Cover,dll - Dilla Ardanti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dilla Ardanti. Z_1814070105_BAB I - Dilla Ardanti.pdf

Download (519kB)
[img] Text
Dilla Ardanti. Z_1814070105_BAB II - Dilla Ardanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
Dilla Ardanti. Z_1814070105_BAB III - Dilla Ardanti.pdf

Download (649kB)
[img] Text
Dilla Ardanti. Z_1814070105_BAB IV - Dilla Ardanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
Dilla Ardanti. Z_1814070105_BAB V - Dilla Ardanti.pdf

Download (467kB)
[img] Text
Dilla Ardanti. Z_1814070105_Fulltext - Dilla Ardanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penerapan Model Cooperative Tipe Think Talk Writedalam Peningkatan Hasil Belajar Tematik di Kelas V SDN 37 Anduring” ditulis oleh Dilla Ardanti. Z, NIM 1814070105, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik saat bekerja sama dalam diskusi kelompok, pendidik belum banyak menggunakan variasi model pembelajaran, dan kurang minat peserta didik dalam pembelajaran tematik dilihat dari hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah di buktikan dari 27 peserta didik 44,44% peserta didik yang tuntas nilai MID semester ganjil dan 55,56% peserta didik yang tidak tuntas. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) untuk mengetahui keefektifan penerapan model Cooperative tipe Think Talk Writedalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas V SDN 37 Anduring. (2) untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar tematik yang menerapkan model Cooperative tipe Think Talk Writedengan yang tidak menerapkanmodel Cooperative tipe Think Talk Write pada peserta didik kelas V SDN 37 Anduring. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN 37 Anduring. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VB dan kelas kontrol VC. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan pengolahan data menggunakan SPSS Versi22 dan Ms. Excel. Berdasarkan hasil analisis uji tyang dilakukan dengan bantuanSPSS V.28 diperoleh signifikan α (2-tailed) sebesar 0,003, thitung = 3,097 danttabel= 2,018 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α < 0,05 yaitu 0,003 < 0,05 dan thitung>ttabelyaitu 3,097 > 2,018, maka Haditerima dan Hoditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menerapkan model Cooperative Tipe Think Talk Writedengan yang tidak menerapkan model Cooperative Tipe Think Talk Writedan dapat meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik Di Kelas V SDN 37 Anduring. Kata Kunci: Model Cooperative Tipe Think Write, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:36
Last Modified: 04 Oct 2022 02:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11185

Actions (login required)

View Item View Item