ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SD/MI

RIFQI, KURNIA (2022) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SD/MI. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Rifqi Kurnia_1714070095_Cover, dll - 0095 RIFQI KURNIA.pdf

Download (828kB)
[img] Text
Rifqi Kurnia_1714070095_Bab I - 0095 RIFQI KURNIA.pdf

Download (512kB)
[img] Text
Rifqi Kurnia_1714070095_Bab II - 0095 RIFQI KURNIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
Rifqi Kurnia_1714070095_Bab III - 0095 RIFQI KURNIA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Rifqi Kurnia_1714070095_Bab IV - 0095 RIFQI KURNIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] Text
Rifqi Kurnia_1714070095_Bab V - Daftar Pustaka - 0095 RIFQI KURNIA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Rifqi Kurnia_1714070095_Fulltext - 0095 RIFQI KURNIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Analisis Model Pembelajaran Bermain dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Di SD/MI, Skripsi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 1443 H / 2022 M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Julian Indah Puspita Ningrum, Mei Fita Asri Untari, Ikha Listyarini pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik menggunakan pembelajaran yang monoton, sehingga peserta didik tidak dapat menggali dan mengembangkan pemahaman karena peserta didik tidak terlibat aktif dalam pembelajaran dan peserta didik terkesan hanya menerima apa yang disampaikan pendidik. Dengan batasan masalah yaitu: (1) bagaimana perencanaan model pembelajaran Bermain Peran dalam meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik di SD/MI, (2) bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Bermain Peran dalam meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik di SD/MI, (3) bagaimana peranan model pembelajaran Bermain Peran dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan penerapan model pembelajaran Bermain Peran dalam melatih keterampilan berbicara peserta didik di SD/MI. Model pembelajaran Bermain Peran model pembelajaran yang mengelompokkan peserta didik ke dalam kelompok-kelompok kecil yang dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan Library Research (kajian pustaka). Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data sekunder yang diperoleh dari bahan pustaka berupa buku-buku, jurnal, skripsi, dan artikel yang relevan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan bahan-bahan pustaka secara berkesinambungan dengan objek pembahasan yang diteliti. Teknik analisis data yaitu menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pelaksanaan dan penerapan model Bermain Peran ini diterapkan disekolah dasar karena model ini dapat menjadikan peserta didik aktif, antusias, serta dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di sekolah dasar. Dengan menggunakan model pembelajaran Bermain Peran juga merasa bersemangat dikarenakan model ini memiliki suasana yang menyenangkan. Kondisi seperti ini akan memberikan konstribusi yang cukup berarti untuk membantu peserta didik dalam kelas dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh Elisa Deliyana, Hamdah Siti Hamsanah Fitrianai bahwa kemampuan keterampilan berbicara bahasa Indonesia yang mendapat kelas pembelajaran dengan model pembelajaran Bermain Peran lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan keterampilan berbicara bahasa Indonesia yang mendapat kelas dengan pembelajaran ekspositori. Kata Kunci : Analisis, Bermain Peran, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 02:00
Last Modified: 04 Oct 2022 02:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11177

Actions (login required)

View Item View Item