CICI, INDAH RISKA (2022) ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI PADA BUKU SISWA KELAS VI SD/MI TEMA 2 PERSATUAN DALAM PERBEDAAN KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
CICI INDAH RISKA_1714070024_ COVER DLL - Cici Indahriska.pdf Download (794kB) |
|
Text
CICI INDAH RISKA_1714070024_BAB I - Cici Indahriska.pdf Download (590kB) |
|
Text
CICI INDAH RISKA_1714070024_BAB II - Cici Indahriska.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
|
Text
CICI INDAH RISKA_1714070024_BAB III - Cici Indahriska.pdf Download (400kB) |
|
Text
CICI INDAH RISKA_1714070024_BAB IV - Cici Indahriska.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
CICI INDAH RISKA BAB V - DAFTAR PUSTAKA - Cici Indahriska.pdf Download (388kB) |
|
Text
CICI INDAH RISKA_1714070024_FULL TEXT - Cici Indahriska.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
“Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Islami pada Buku Siswa Kelas VI SD/MI Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kurikulum 2013” yang disusun oleh Cici Indah Riska, NIM. 1714070024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh studi pendahuluan bahwa pada sampul buku siswa tema 2 sudah terlihat muncul muatan nilai-nilai karakter islami, yaitu peletakan rumah ibadah berbagai keyakinan secara berdampingan pada background menunjukkan nilai karakter islami toleransi. Pada isi buku juga ditemukan materi tentang hidup rukun dalam perbedaan yang menggambarkan perdamaian dan tolong menolong. Cinta damai dan tolong menolong termasuk nilai-nilai karakter islami menurut Al-Qur’an yang dapat menjaga perstuan dan perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berdasarkan fakta tersebut peneliti tertarik untuk mengungkap muatan niliai-nilai karakter islami yang terkandung pada buku siswa kelas VI SD/MI tema 2 Persatuan dalam Perbedaan kurikulum 2013. Penelitian ini berusaha mengungkap “Bagaimana Muatan Nilai-nilai Karakter Islami pada Buku Siswa Kelas VI SD/MI Tema 2 Perstuan dalam Perbedaan Kurikulum 2013?” Penelitian ini dibatasi pada kegiatan analisis muatan nilai-nilai karakter islami cinta damai, toleransi, dan tolong menolong pada aspek isi, kebahasaan, dan kegrafikan buku siswa kelas VI SD/MI tema 2 Persatuan dalam Perbedaan edisi revisi 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa muatan nilai-nilai karakter islami cinta damai, toleransi, dan tolong-menolong pada aspek isi, kebahasaan dan kegrafikan buku siswa kelas VI SD/MI tema 2. Manfaat dilakukannya penelitian ini adalah memunculkan teori berkenaan dengan nilai-nilai karakter islami. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan (library research) di mana teknik yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu buku siswa kelas VI SD/MI tema 2 dan sumber data sekunder yang didapatkan dari bahan bacaan buku, dan jurnal penelitian karya ilmiah lainnya yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan membuat tabel, mencatat nilai karakter yang ditemukan, dan mengelompokkannya sesuai dengan aspek yang ditemukan. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah: merumuskan masalah, penentuan satuan, penentuan sampel, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yaitu; pertama, muatan nilai-nilai karakter islami cinta damai, toleransi, dan tolong-menolong telah terdapat pada aspek isi, kebahasaan dan kegrafikan buku siswa. Kedua, nilai karakter islami cinta damai didominasi oleh nilai-nilai persatuan bangsa dalam merebut kemerdekaan dengan jalan damai sesuai QS. al-Hujurat: 10. Ketiga, muatan nilai-nilai karakter islami toleransi banyak mebahas tentang hubungan sosial antar manusia dengan melaksanakan kewajiban seorang muslim untuk berbuat baik dan adil terhadap semua manusia sesuai QS. al-Mumtahanah: 8. Keempat, muatan nilai-nilai karakter islami tolong menolong ialah perwujudan sikap peduli dan rasa persaudaraan terhadap sesama, bekerjasama dan mau membantu teman adalah indikator sesuai QS. al-Maidah: 2.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 01:41 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 01:41 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11173 |
Actions (login required)
View Item |