MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SDN 23 BALIK GUNUNG KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN

ASNIDAR, YANTI (2022) MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SDN 23 BALIK GUNUNG KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
ASNIDAR YANTI_1714070074_ COVER, DLL (2) - Asnidar Yanti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ASNIDAR YANTI_1714070074_ BAB I - Asnidar Yanti.pdf

Download (810kB)
[img] Text
ASNIDAR YANTI_1714070074_ BAB II - Asnidar Yanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ASNIDAR YANTI_1714070074_ BAB III - Asnidar Yanti.pdf

Download (664kB)
[img] Text
ASNIDAR YANTI_1714070074_ BAB IV - Asnidar Yanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
ASNIDAR YANTI_1714070074_ BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Asnidar Yanti.pdf

Download (667kB)
[img] Text
ASNIDAR YANTI_1714070074_ FULLTEXT (2) - Asnidar Yanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Motivasi Belajar Peserta Didik Pasca Pembelajaran Daring di SDN 23 Balik Gunung Kecematan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. skripsi prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SDN 23 Balik Gunung, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan. Permasalahan yang ditemukan yaitu seputar motivasi belajar peserta didik pasca pembelajaran daring yang teridentifikasi dari cara belajar peserta didik, keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran serta minat belajar peseta didik baik itu saat di dalam kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran motivasi belajar peserta didik pasca pembelajaran daring di SDN 23 Balik Gunung yang dilihat dari aspek motivasi belajar instrinsik dan ekstrinsrik peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Kuesioner yang digunakan yaitu kuesioner tertutup dalam bentuk skala likert. Alternatif jawaban yang diberikan ada empat alternatif diantaranya; sangat selalu, selalu, kadang-kadang dan tidak pernah. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa motivasi belajar peserta didik pasca pembelajaran daring di SDN 23 Balik Gunung, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan sudah masuk dalam kategori baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi belajar intrinsik peserta didik lebih tinggi dari pada motivasi belajar ekstriksik peserta didik. Indikator yang paling dominan dalam motivasi instrinsik peserta didik yaitu indikator adanya dorongan dan kebutuhan belajar dengan rata-rata 17,1%, sedangkan indikator adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil memperoleh rata-rata 14,89%, dan indikator lingkungan yang kondusif memperoleh rata-rata 3,6 %. Idikator yang paling dominan dalam motivasi ekstrinsik peserta didik yaitu indikator pujian dan hukuman dengan rata-rata 13,8%, sedangkan indikator lingkungan yang kondusif memperoleh rata-rata 3,6 %.dan indikator kegiatan belajar yang menarik memperoleh rata-rata 7,7%. Kata kunci: Motivasi Belajar, Peserta Didik, Pasca Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:33
Last Modified: 04 Oct 2022 01:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11172

Actions (login required)

View Item View Item