PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 066 SOPOSORIK

DEPI, ARIZKA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 066 SOPOSORIK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Depi Arizka_1614070030_Cover,dll - Depi Arizka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Depi Arizka_1614070030_Bab I - Depi Arizka.pdf

Download (647kB)
[img] Text
Depi Arizka_1614070030_Bab II - Depi Arizka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
Depi Arizka_1614070030_Bab III - Depi Arizka.pdf

Download (710kB)
[img] Text
Depi Arizka_1614070030_Bab IV - Depi Arizka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
Depi Arizka_1614070030_Bab V-Daftar Pustaka - Depi Arizka.pdf

Download (489kB)
[img] Text
Depi Arizka_1614070030_Fulltext - Depi Arizka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

“Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 066 Soposorik”. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 1444 H/ 2022 M. Pembelajaran merupakan proses interaksi antara pendidik dan peserta didik untuk mencapai suatu tujuan. Interaksi yang baik akan memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran, sehingga tercapainya tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Guru mengajar hanya menggunakan model ceramah dan memberikan contoh tanpa melibatkan peserta didik dalam kegiatan belajar, maka peserta didik cenderung pasif. Model pembelajaran dapat dijadikan sebagai alat untuk mendorong peserta didik lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut disebabkan karena model pembelajaran mempunyai andil yang cukup besar dalam proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang bisa diterapkan guru dalam pembelajaran ialah model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 066 Soposorik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest and posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 peserta didik yang terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan rata-rata nilai pretest dan posttest peserta didik, ranah kognitif pretest 74,35 posttest 82,10, ranah afektif pretest 77,90 posttest 81,40 dan ranah psikomotorik pretest 77,60 posttest 79,70. Kemudian berdasarkan hasil uji t ranah kognitif thitung = -2,057, ranah afektif thitung = -2,934 dan ranah psikomotorik yaitu thitung =-5,606. Sedangkan untuk perhitungan ttabel = -1,812 sehingga dapat dinyatakan bahwa H₀ pada penilaian aspek psikomotorik ditolak. Dari hasil pengujian pada taraf kepercayaan 0,95 dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 066 Soposorik. Sebagai saran bagi pihak sekolah agar lebih memperhatikan sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA dan hendaknya dapat memberikan dukungan kepada guru agar dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di sekolah. Kemudian saran bagi guru hendaknya selalu menggunakan startegi pembelajaran yang bervariasi sehingga mampu meningkatkan minat peserta didik dalam belajar salah satunya menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Kata kunci : Model; Contextual Teaching Learning; Hasil Belajar; IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 04 Oct 2022 00:57
Last Modified: 04 Oct 2022 00:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11169

Actions (login required)

View Item View Item