PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN MELALUI TAUSYIAH PADA BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH (BTM) CABANG BELIMBING KOTA PADANG

Rahmatulil, Muslimah (2021) PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN MELALUI TAUSYIAH PADA BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH (BTM) CABANG BELIMBING KOTA PADANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
Rahmatulil Muslimah_1612030053_BAB 1_ - rahmatulil muslimah.pdf

Download (509kB)
[img] Text (Bab II)
Rahmatulil Muslimah_1612030053_BAB II_ - rahmatulil muslimah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
Rahmatulil Muslimah_1612030053_BAB III_ - rahmatulil muslimah.pdf

Download (182kB)
[img] Text (Bab IV)
Rahmatulil Muslimah_1612030053_BAB lV_ - rahmatulil muslimah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
Rahmatulil Muslimah_1612030053_BAB V - Pustaka - rahmatulil muslimah.pdf

Download (481kB)
[img] Text
Rahmatulil Muslimah_1612030053_Cover, dll_ - rahmatulil muslimah.pdf

Download (624kB)
[img] Text (Fulltext)
Rahmatulil Muslimah_1612030053_Fulltext - rahmatulil muslimah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Aktivitas Dakwah dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) Cabang Belimbing Kota Padang” disusun oleh Rahmatulil Muslimah, NIM: 1612030053. Jurusan Manajemen Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Negeri (UIN) Iman Bonjol Padang. Penelitian ini didasari dengan latar belakang bahwa BTM Muhammadiyah Cabang Belimbing memiliki beberapa kegiatan dakwah sebagai upaya dalam meningkatkan kinerja karyawan. Namun pada faktanya, masih ada karyawan yang terlambat datang ke kantor, kinerja yang tidak maksimal, cuek terhadap nasabah, saling menjelek-jelekan antar karyawan, ada yang tidak hadir tanpa keterangan, ada karyawan yang tidak mau memberikan ilmu kepada anak praktek lapangan (PL) padahal sudah diperintahkan manajer, masih ada karyawan yang malas dalam bekerja sehingga rekan kerja yang lain merasa terbebani. Hal tersebutlah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut bagaimana penerapan kegiatan dakwah pada BTM Muhammadiyah Cabang Belimbing. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penerapan kegiatan dakwah dalam meningkatkan kinerja karyawan pada BTM Muhammadiyah Cabang Belimbing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Cabang, pegawai dan sumber lainnya di BTM Muhammadiyah Cabang Belimbing. Untuk mendapatkan data-data penelitian, penulis terlebih dahulu melakukan pendekatan non formal, setelah itu barulah data-data dikumpulkan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Setelah data dikumpulkan penulis mengolah data dengan cara reduksi data, menyeleksi data, analisis, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kegiatan dakwah dalam meningkatkan kinerja karyawan pada BTM Muhammadiyah Cabang Belimbing belum terjalankan seluruhnya dengan maksimal. Pertama, kegiatan tausyiah. Hal ini disebabkan oleh karyawan sering terlambat datang ke kantor yang menjadi penghambat dalam terlaksananya kegiatan tausyiah sehingga kinerja karyawan belum meningkat, manajer yang menjadi pemateri yang belum ada jiwa humorisnya sehingga karyawan yang menjadi pendengar mengantuk dan menoton saja. Kedua, kegiatan tabligh akbar. Seharusnya peraturan lebih tegas sehingga seluruh karyawan hadir, pihak BTM tidak mendatangkan pemateri dari pihak luar atau tokoh ternama sehingga karyawan semangat dan tidak bosan dengan pemateri itu ke itu saja. Ketiga, pelatihan kader. Dalam hal ini, ketepatan waktu, kualitas, dan efektivitas kinerja karyawan sudah mulai meningkat dilihat dari kehadiran karyawan yang mulai disiplin dan telah menambah pengetahuan, keterampilan karyawan dalam bekerja. Dengan demikian kegiatan pelatihan kader ini yang dilakukan BTM Muhammadiyah cabang Belimbing dalam meningkatkan kualitas, ketepatan waktu, dan efektivitas kinerja karyawan telah sesuai dengan teori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:36
Last Modified: 03 Oct 2022 08:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11161

Actions (login required)

View Item View Item