AMELIA, ARI SANDI SIREGAR (2022) PENGARUH STRATEGI PENGAMBILAN GUIDED NOTE BERBASIS HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KURSUS KURSUS MATA PELAJARAN PRIBADI DI SMP NEGERI 5 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Amelia Ari Sandi_1814010031_cover - Amelia Ari Sandi.pdf Download (3MB) |
|
Text
Amelia Ari Sandi Siregar_1814010031_BAB I - Amelia Ari Sandi.pdf Download (209kB) |
|
Text
Amelia Ari Sandi Siregar_1814010031_BAB II - Amelia Ari Sandi.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
|
Text
Amelia Ari Sandi Siregar_1814010031_BAB III - Amelia Ari Sandi.pdf Download (240kB) |
|
Text
Amelia Ari Sandi Siregar_1814010031_BAB IV - Amelia Ari Sandi.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
Text
Amelia Ari Sandi Siregar_1814010031_BAB V - Amelia Ari Sandi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Amelia Ari Sandi_1814010031_Fulltext - Amelia Ari Sandi.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar peserta didik padamata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 5 Padang tahun ajaran 2021/2022 yang sebagian besar nilai peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 80. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan Menggunakan Strategi Guided Note TakingBerbantuan Handout. Tujuan dalam penulisan skripsi ini: 1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan Strategi Guided Note Taking Berbantuan Handout pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 5 Padang, 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan Strategi Guided Note Taking Berbantuan Handout pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 5 Padang, 3) Untuk mengetahui pengaruh Strategi Guided Note Taking Berbantuan Handout terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP Negeri 5 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen-semu (Quasy Eksperimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Padang tahun ajaran 2021/2022 semester genap. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Purpose RandomSampling, kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII-7 dankelas kontrol VII-9, Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test di kelas eksperimen adalah 54,03 rata rata nilai pre- test hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas kontrol adalah 56,13. Rata-rata nilai post test di kelas eksperimen adalah 88,06 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol adalah 82,42. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 26 diperoleh sinifikan a dalam dua sisi (2-tailed) sebesar 0,000, maka diambil kesimpulan bahwa (0.000<0,05). Dikatakan Ho yang berbunyi tidak terdapat pengaruh hasil belajar Strategi Guided Note Taking Berbantuan Handout ditolak dan H. diterima, artinya terdapat pengaruh hasil belajar ketika penggunaan Strategi Guided Note Taking Berbantuan Handout dibandingkan dengan strategi konvensional pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 03:46 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 03:46 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11123 |
Actions (login required)
View Item |