Sulyadi, Sulyadi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC AUDYTORY VISUAL INTELEKTUAL) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMK PEMBANGUNAN BUKITTINGGI. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
SULYADI_1814010069_COVER, DLL - Sulyadi.pdf Download (989kB) |
|
Text
SULYADI_1814010069_BAB 1 - Sulyadi.pdf Download (686kB) |
|
Text
SULYADI_1814010069_BAB II-1 - Sulyadi.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) |
|
Text
SULYADI_1814010069_BAB III - Sulyadi.pdf Download (610kB) |
|
Text
SULYADI_1814010069_BAB IV - Sulyadi.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
|
Text
SULYADI_1814010069_ BAB V - Sulyadi.pdf Download (573kB) |
|
Text
SULYADI_1814010069_FULLTEXT - Sulyadi.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMK Pembangunan Bukittinggi tahun ajaran 2021/2022 melatar belakangi penulisan skripsi ini. Sebagian besar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 65. Salah-satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic Audytory Visual Intelektual) berbantuan video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic Audytory Visual Intelektual) berbantuan video pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMK Pembangunan Bukittinggi (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang diajar menggunakan model konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMK Pembangunan Bukittinggi (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model SAVI (Somatic Audytory Visual Intelektual) berbantuan video dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas X di SMK Pembangunan Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X di SMK Pembangunan Bukittinggi tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XTO.1 dan kelas XTM sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test hasil belajar PAI kelas eksperimen 83,50 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol 61,25. Persentase ketuntasan belajar kelas eksperimen 100% (20 orang) dan persentase ketuntasan kelas kontrol 65% (13 orang). Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS 22 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa (0,000 < 0,05). Hal ini berarti ditolak diterima. Artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas X SMK Pembangunan Bukittinggi. Kata Kunci: Pengaruh, SAVI (Somatic Audytory Visual Intelektual), video, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 02:44 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 02:44 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11110 |
Actions (login required)
View Item |