NURUL, ILMI MARLIUS (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII DI MTsN 6 KOTA PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Nurul Ilmi Marlius_1814010093_Cover - Nurul Ilmi Marlius.pdf Download (1MB) |
|
Text
Nurul ilmi marlius_1814010093_BAB I - Nurul Ilmi Marlius.pdf Download (762kB) |
|
Text
Nurul ilmi marlius_1814010093_BAB II - Nurul Ilmi Marlius.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
|
Text
Nurul ilmi marlius_1814010093_BAB III - Nurul Ilmi Marlius.pdf Download (546kB) |
|
Text
NURUL ILMI MARLIUS_1814010093_BAB IV - Nurul Ilmi Marlius.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
|
Text
Nurul Ilmi Marlius_1814010093_Bab V - Nurul Ilmi Marlius.pdf Download (389kB) |
|
Text
Nurul Ilmi Marlius_1814010093_Fulltext - Nurul Ilmi Marlius.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penulisan Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang terlihat dari nilai ulangan harian peserta didik kelas VII MTsN 6 Kota Padang yang berada di bawah KKM, adapun KKM yang telah ditentukan sekolah adalah 80. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange (RTE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange (RTE) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTsN 6 Kota Padang, untuk mengetahui hasil belajar kelas kontrol tanpa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange (RTE) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTsN 6 Kota Padang dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange (RTE) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajarah Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTsN 6 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu true experimental design bentuk Pre-Test-Post-Test Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN 6 Kota Padang tahun 2021/2022 semester genap. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah VII.12 dan kelas kontrol kelas VII.4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange (RTE) dapat meningkatkan hasil belajar secara efektif dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 81,85, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol adalah 73,91. Dibuktikan uji hipotesis dengan SPSS Versi 24 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,032, maka diambil kesimpulan bahwa (0,032 < 0,05). Hal ini berarti diterima dan ditolak, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange (RTE) dibandingkan kelas tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange (RTE) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTsN 6 Kota Padang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Rotating Trio Exchange, Hasil Belajar, dan Sejarah Kebudayaan Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 01:43 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 01:43 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11071 |
Actions (login required)
View Item |