NISA, AFRINAULY NABILA (2022) PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 9 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Nisa Afrinauly Nabila_1814010040_Cover, dll - Nisa Afrinaulynabila.pdf Download (2MB) |
|
Text
Nisa Afrinauly Nabila_1814010040_BAB 1 - Nisa Afrinaulynabila.pdf Download (645kB) |
|
Text
Nisa Afrinauly Nabila_1814010040_BAB 2 - Nisa Afrinaulynabila.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Nisa Afrinauly Nabila_1814010040_BAB 3 - Nisa Afrinaulynabila.pdf Download (352kB) |
|
Text
Nisa Afrinauly Nabila_1814010040_BAB 4 - Nisa Afrinaulynabila.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
|
Text
Nisa Afrinauly Nabila_1814010040_BAB 5-Daftar Pustaka - Nisa Afrinaulynabila.pdf Download (721kB) |
|
Text
Nisa Afrinauly Nabila_1814010040_Fulltext - Nisa Afrinaulynabila.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dunia digital begitu dinamis yang tidak hanya sekedar mempengaruhi tetapi mengubah gaya hidup masyarakat. Program digitalisasi sekolah harus didukung dan ditindaklanjuti dengan peningkatan kompetensi guru, khususnya di bidang penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Pendidik Pendidikan Agama Islam dituntut untuk bekerja secara profesional dan menguasai teknologi dan informasi dan keahlian digital untuk membentuk ruang belajar yang menarik termasuk pemilihan media pembelajaran yang tepat. Salah satu media untuk pengaplikasian pembelajaran berbasis teknologi tersebut ialah google classroom. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penggunaan Google Classroom dan apa faktor pendukung serta faktor penghambat penggunaan Google Classroom pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Padang. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan google classroom dan faktor pendukung serta faktor penghambat penggunaan google classroom di SMA Negeri 9 Padang. Bentuk dan jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data digunakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi di SMA Negeri 9 Padang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada penggunaan google classroom terdiri dari tiga yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan google classroom pendidik menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan google classroom terdiri dari tiga tahap yakni pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada tahap evaluasi penggunaan google classroom yang dilakukan pendidik dalam evaluasi ini mencakup 3 ranah yaitu afektif, kognitif dan psikomotorik. Dalam penggunaan google classroom terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya yaitu disediakannya fasilitas dari pihak sekolah, akses internet yang baik. Faktor penghambatnya yaitu latar belakang peserta didik yang berbeda, gangguan akses akun google classroom, tidak semua pendidik mahir dalam IT. Penggunaan google classroom di SMA Negeri 9 Padang telah terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari bagaimana pendidik memanfaatkan google classroom mulai dari perencanaan hingga dari evaluasi dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 01:31 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 01:31 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11069 |
Actions (login required)
View Item |