ANALISIS METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

NILLA, OKTAVIA (2022) ANALISIS METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Nilla Oktavia_1814010004_Cover, dll4 - Nilla oktavia.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nilla Oktavia_1814010004_Bab 1 - Nilla oktavia.pdf

Download (378kB)
[img] Text
Nilla Oktavia_1814010004_Bab 2 - Nilla oktavia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
Nilla Oktavia_1814010004_Bab 3 - Nilla oktavia.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Nilla Oktavia_1814010004_Bab 4 - Nilla oktavia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
Nilla Oktavia_1814010004_Bab 5 - Nilla oktavia.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Nilla Oktavia_1814010004-Fulltext4 - Nilla oktavia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena dalam proses pembelajaran antara pendidik dengan peserta didik salah satunya yaitu dengan adanya metode pembelajaran yang dirancang oleh pendidik yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik. Pendidik dituntut untuk bisa menggunakan berbagai inovasi dalam pembelajaran karena peserta didik sering merasa bosan saat belajar disebabkan pembelajaran yang kurang menyenangkan. Dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, diperlukan metode yang bagus agar peserta didik dapat lebih aktif, mendapatkan pemahaman yang baik, mendapatkan hasil belajar yang memuaskan dan untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik dalam memahami, mengimani serta mengamalkan sejarah kebudayaan islam. Maka dibuatlah solusi untuk permasalahan di atas dengan Metode Pembelajaran Gallery Walk. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui analisis tujuan metode pembelajaran Gallery Walk pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam, (2) untuk mengetahui analisis langkah-langkah metode pembelajaran Gallery Walk pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian studi kepustakaan atau Library Research. Adapun beberapa sumber yang digunakan yaitu buku-buku teks, jurnal ilmiah, referensi statistik, hasil-hasil penelitian dalam bentuk skripsi, tesis, desertasi, dan internet, serta sumber-sumber lainnya yang relevan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah pengumpulan data literer yaitu dengan mengumpulkan bahan-bahan pustaka yang berkesinambungan (koheren) dengan objek bahan yang diteliti. Hasil penelitian dari analisis metode pembelajaran Gallery Walk pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dengan materi perkembangan sejarah berdirinya dinasti bani umayyah yaitu: (1) Hasil analisis tujuan metode pembelajaran Gallery Walk pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dengan materi perkembangan sejarah berdirinya dinasti bani umayyah yaitu dapat membuat peserta didik aktif, fokus, saling berkerja sama, saling memberikan pendapat dan saling bertukar pikiran dalam pembelajaran serta peserta didik tidak merasa bosan lagi ketika belajar sejarah kebudayaan Islam terutama pada materi perkembangan sejarah berdirinya dinasti bani umayyah, (2) Hasil analisis langkah-langkah metode pembelajaran Gallery Walk pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam dengan materi perkembangan sejarah berdirinya dinasti bani umayyah dilaksanakan dengan berkelompok dan menghasilkan pembelajaran yang menarik serta membangkitkan peserta didik untuk mau belajar sejarah kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2022 01:27
Last Modified: 30 Sep 2022 01:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11068

Actions (login required)

View Item View Item