PENGARUH METODE HANIFIDA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKA AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 3 GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT

KHAPIPAH, KHAPIPAH (2022) PENGARUH METODE HANIFIDA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKA AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 3 GUNUNG TULEH KABUPATEN PASAMAN BARAT. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Khapipah_1814010026_Cover,dll - Khapipah 01.pdf

Download (930kB)
[img] Text
Khapipah_1814010026_Bab I - Khapipah 01.pdf

Download (451kB)
[img] Text
Khapipah_1814010026_Bab II - Khapipah 01.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
Khapipah_1814010026_Bab III - Khapipah 01.pdf

Download (429kB)
[img] Text
Khapipah_1814010026_Bab IV - Khapipah 01.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
Khapipah_1814010026_Bab V-Daftar Pustaka - Khapipah 01.pdf

Download (355kB)
[img] Text
Khapipah_1814010026_Fulltext - Khapipah 01.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang ini berdasarkan studi pendahuluan peserta didik yang kurang aktif dalam proses pembelajaran yang mana peserta didik tidak percaya diri untuk tampil dalam mengemukakan pendapatnya. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya inovasi pendidik dalam menggunakan metode pembelajaran yang lebih meningkatkan hasil belajar peserta didik. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran pretest, posttest dan pengaruh metode pembelajaran Hanifida terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP N 3 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan penelitian secara umum untuk menguji pengaruh metode Hanifida terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Secara khusus untuk mengetahui gambaran pretest dan posttest dan pengaruh metode Hanifida terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Manfaat penelitian secara teoritis adalah menerapkan metode pembelajaran dalam pendidikan khususnya metode pembelajaran Hanifida, secara praktis penelitian ini bisa dimanfaatkan oleh pendidik, peserta didik, sekolah dan peneliti lanjutan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan desain penelitian Postest-Only Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP N 3 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol dan VIII 3 sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan berupa tes soal. Analisis data secara deskriptif yang didahului dengan uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t Hasil penelitian ini adalah pertama, rata-rata nilai pretest di kelas eksperimen sebelum penggunaan metode Hanifida adalah 66,04 dan rata-rata nilai pretest hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas kontrol adalah 58,46. Kedua, rata-rata nilai posttest di kelas eksperimen setelah menggunakan metode Hanifida adalah 85,83 dan rata-rata nilai posttest hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas kontrol adalah 77,08. Ketiga, terdapat perbedaan yang signifikan ditunjukkan berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 21 diperoleh signifikan a dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, maka diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh hasil belajar metode Hanifida dibanding dengan metode konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Peker

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2022 01:03
Last Modified: 30 Sep 2022 01:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11062

Actions (login required)

View Item View Item