KASMANIAR, KASMANIAR (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER BERBANTUAN MEDIA COLOR CARD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTsS TALUNAN INDAH. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Kasmaniar_1814010024_COVER - Kasmaniar Kasmaniar.pdf Download (278kB) |
|
Text
Kasmaniar_1814010024_BAB I - Kasmaniar Kasmaniar.pdf Download (646kB) |
|
Text
Kasmaniar_1814010024_BAB II - Kasmaniar Kasmaniar.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
|
Text
Kasmaniar_1814010024_BAB III - Kasmaniar Kasmaniar.pdf Download (647kB) |
|
Text
Kasmaniar_1814010024_BAB IV - Kasmaniar Kasmaniar.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) |
|
Text
Kasmaniar_1814010024_BAB V - Kasmaniar Kasmaniar.pdf Download (390kB) |
|
Text
Kasmaniar_1814010024_FULLTEXT - Kasmaniar Kasmaniar.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTsS Talunan Indah Tahun ajaran 2021/2022 melatarbelakangi penulisan skripsi ini. Sebagian besar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran treffinger berbantuan media color card pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran treffinger berbantuan media color card pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsS Talunan Indah (2) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran treffinger berbantuan media color card pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsS Talunan Indah (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran treffinger berbantuan media color card dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran treffinger berbantuan media color card pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsS Talunan Indah. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di MTsS Talunan Indah Tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.1 dan kelas kontrol VIII.3. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test hasil belajar Akidah Akhlak kelas eksperimen 85,24 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol 73,33. Persentase ketuntasan belajar kelas eksperimen 100% (21 orang) dan persentase ketuntasan kelas kontrol 57,14% (12 orang). Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS 22 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa (0,000 < 0,05). Hal ini berarti �� yang berbunyi tidak terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran treffinger berbantuan media color card terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsS Talunan Indah ditolak dan �� diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran treffinger berbantuan media color card terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTsS Talunan Indah. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Treffinger, Media Color Card, Hasil Belajar Akidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 08:08 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 08:08 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11056 |
Actions (login required)
View Item |