IRVAN, FERNANDO (2022) PENGARUH METODE PEER TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS X DI MAN 4 AGAM. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Irvan Fernando_1814010030_Cover-dll - Irvan Fernando.pdf Download (1MB) |
|
Text
Irvan Fernando_1814010030_BAB I - Irvan Fernando.pdf Download (718kB) |
|
Text
Irvan Fernando_1814010030_BAB II - Irvan Fernando.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
|
Text
Irvan Fernando_1814010030_BAB III - Irvan Fernando.pdf Download (672kB) |
|
Text
Irvan Fernando_1814010030_BAB IV - Irvan Fernando.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
|
Text
Irvan Fernando_1814010030_BAB V - Irvan Fernando.pdf Download (423kB) |
|
Text
Irvan Fernando_1814010030_Fulltext - Irvan Fernando.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang terlihat dari Penilaian Harian (PH) peserta didik di kelas X MAN 4 Agam yang rata-rata dibawah KKM. Adapun KKM yang telah ditentukan oleh sekolah adalah 75. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan Metode Pembelajaran Peer Teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan metode peer teaching pada mata pelajaran SKI di MAN 4 Agam (2) Mengetahui hasil belajar peserta didik sesudah menerapkan metode peer teaching pada mata pelajaran SKI di MAN 4 Agam (3) Mengetahui pengaruh metode peer teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas X di MAN 4 Agam. Jenis penelitian ini adalah Kuantitaif dengan desain Eksperimen Semu (Quasy Experimental Research) dengan rancangan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 4 Agam. Untuk mendapatkan sampel yang dilakukan dengan teknik pemilihan sampel Purposive Sampling. Yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas X- IPS1 dan kelas kontrol adalah kelas X-IPS2. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai pre-tes kelas eksperimen adalah 53,54 dan hasil post-tes 83,13, sedangkan rata-rata nilai pre-tes kelas kontrol adalah 50 dan hasil post-tes 74,17. Setelah dilakukan uji hipotesis (uji t) dengan menggunakan SPSS versi 26 diperoleh signifikansi α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,005, maka diambil kesimpulan bahwa (0,005 < 0,05) pada selang kepercayaan 95%. Oleh karena itu, ditolak dan diterima. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode Peer Teaching dengan pembelajaran yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dikelas X MAN 4 Agam. Kata Kunci : Pengaruh, Metode Peer Teaching, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 07:52 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 07:52 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11051 |
Actions (login required)
View Item |