PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS X MAN 3 SOLOK

Febri, Rahmadona Putri (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS X MAN 3 SOLOK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Febri Rahmadona Putri_1814010108_Cover,dll - Febri Rahmadona Putri.pdf

Download (822kB)
[img] Text
Febri Rahmadona Putri_1814010108_BAB I - Febri Rahmadona Putri.pdf

Download (349kB)
[img] Text
Febri Rahmadona Putri_1814010108_BAB II - Febri Rahmadona Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
Febri Rahmadona Putri_1814010108_BAB III - Febri Rahmadona Putri.pdf

Download (777kB)
[img] Text
Febri Rahmadona Putri_1814010108_BAB IV - Febri Rahmadona Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
Febri Rahmadona Putri_1814010108_BAB V-Daftar Pustaka - Febri Rahmadona Putri.pdf

Download (476kB)
[img] Text
Febri Rahmadona Putri_1814010108_Fulltext - Febri Rahmadona Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X MAN 3 Solok dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Rendahnya hasil belajar peserta didik tersebut, disebabkan karena banyak peserta didik yang kurang aktif terlibat selama proses pembelajaran berlangsung, peserta didik tidak percaya diri untuk tampil mengemukakan pendapatnya serta peserta didik juga tidak memiliki rasa ingin tahu terhadap apa yang disampaikan oleh pendidik di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams GamesTournament(TGT), untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Metodologi penelitian tergolong penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest Posttest Control Group Design. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah random sampling. Berdasarkan analisis data menggunakan SPSS versi 28 sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Akidah Akhlak diperoleh rata-rata nilai pre-test kelas kontrol yaitu 61,20 dan rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen yaitu 65,23. Pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) memiliki 4 tahapan yaitu: 1) Tahap penyajian kelas, 2) Belajar dalam kelompok, 3) Game turnamen, dan 4) Penghargaan kelompok. Dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) diperoleh rata-rata nilai post-test kelas kontrol yaitu 63,77 dan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen yaitu 78,2. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh signifikan α = 0,001, sehingga disimpulkan bahwa (0,001 < 0,05), hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak di MAN 3 Solok. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:16
Last Modified: 29 Sep 2022 07:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11044

Actions (login required)

View Item View Item