PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP PADA MATA PELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS VIII DI MTsN 6 AGAM

AHMAD, FAIZ (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP PADA MATA PELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS VIII DI MTsN 6 AGAM. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Ahmad Faiz_1814010129_Cover,dll - Ahmad Faiz.pdf

Download (859kB)
[img] Text
Ahmad Faiz_1814010129_Bab I - Ahmad Faiz.pdf

Download (718kB)
[img] Text
Ahmad Faiz_1814010129_Bab II - Ahmad Faiz.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
Ahmad Faiz_1814010129_Bab III - Ahmad Faiz.pdf

Download (631kB)
[img] Text
Ahmad Faiz_1814010129_Bab IV - Ahmad Faiz.pdf

Download (519kB)
[img] Text
Ahmad Faiz_1814010129_Bab V-Daftar Pustaka - Ahmad Faiz.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Ahmad Faiz_1814010129_Fulltext - Ahmad Faiz.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang terlihat dari nilai harian peserta didik di kelas VIII MTsN 6 Agam yang rata-rata di bawah KKM, adapun KKM yang telah ditentukan sekolah adalah 76. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Pair Share berbantuan media peta konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share berbantuan media peta konsep pada mata pelajaran Fikih, hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share berbantuan media peta konsep pada mata pelajaran Fikih, dan pengaruh tentang strategi pembelajaran Think Pair Share berbantuan media peta konsep pada mata pelajaran Fikih untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas VIII di MTsN 6 Agam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen tipe penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Randomized Pretest-Posttest Kontrol Group Desaign. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN 6 Agam tahun 2021/2022 semester genap. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Cluster Random Sampling, kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.5 dan kelas kontrol kelas VIII.4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Think Pair Share berbantuan media peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar secara efektif dengan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 84, sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol 80,73. Dibuktikan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh rata-rata (mean) eksperimen sebesar=0,4541, maka diambil kesimpulan bahwa g 0,3. Hal ini berarti ditolak diterima, Artinya terdapat pengaruh yang kuat untuk meningkatkan hasil belajar kelas yang menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share berbantuan media peta konsep dibandingkan kelas yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di MTsN 6 Agam. Kata kunci: Think Pair Share, Peta Konsep, Fikih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:56
Last Modified: 29 Sep 2022 02:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

View Item View Item