Ade, Rahma (2022) KEMAMPUAN GURU PAI DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 31 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Ade Rahma_1814010043_Cover dll - 0043 Ade Rahma.pdf Download (764kB) |
|
Text
Ade Rahma_1814010043_Bab I - 0043 Ade Rahma.pdf Download (553kB) |
|
Text
Ade Rahma_1814010043_Bab II - 0043 Ade Rahma.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) |
|
Text
Ade Rahma_1814010043_Bab III - 0043 Ade Rahma.pdf Download (378kB) |
|
Text
Ade Rahma_1814010043_Bab IV - 0043 Ade Rahma.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
|
Text
Ade Rahma_1814010043_BabV_Daftar Pustaka - 0043 Ade Rahma.pdf Download (607kB) |
|
Text
Ade Rahma_1814010043_Fulltext - 0043 Ade Rahma.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya ketidak sesuaian antara teori dengan kenyataan yang ada. Teori mengatakan bahwa ketika guru pendidikan agama Islam memiliki kemampuan dalam mengajar, maka dapat menimbulkan motivasi di dalam diri peserta didik dalam belajar. Namun pada kenyataannya di dalam proses belajar mengajar, masih ditemukan peserta didik yang tidak serius dalam belajar. Contohnya seperti masih ada yang tidak mengerjakan tugas, dan masih ada juga yang tidak memperhatikan guru ketika sedang menjelaskan pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bagaimana kemampuan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMPN 31 Padang. (2) Mendeskripsikan bagaimana penggunaan media pembelajaran oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. (3) Mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar peserta didik saat proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data adalah kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa pendidik memiliki kemampuan dalam memotivasi belajar peserta didik diantaranya mampu memimpin pembelajaran, mampu memberikan motivasi kepada peserta didik, mampu menggunakan berbagai metode pembelajaran, mampu mengembangkan dan menggunakan media, mampu mengarahkan kegiatan belajar, serta mampu melaksanakan evaluasi hasil belajar. Kemudian penggunaan media pembelajaran yang dilakukan guru sudah dapat dikatakan baik karena media yang digunakan sudah sesuai dengan materi ajar dan karakteristik peserta didik. Motivasi belajar peserta didik secara keseluruhan sudah baik. Namun masih ada beberapa peserta didik yang masih belum termotivasi diakibatkan adanya faktor penyebab seperti faktor lingkungan masyarakat, keluarga, maupun faktor dari dalam diri peserta didik. Upaya yang dilakukan guru dalam hal ini adalah dengan memberikan arahan kepada orang tua untuk lebih memberikan perhatian kepada anaknya untuk belajar di rumah, memperhatikan teman yang dekat dengan anak mereka, serta memperhatikan kondisi kesehatan anak mereka saat akan pergi ke sekolah. Kata Kunci : Kemampuan, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 02:49 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 02:49 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11017 |
Actions (login required)
View Item |