PENGARUH MEDIA STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 3 PESISIR SELATAN

Pitratul, Aini (2022) PENGARUH MEDIA STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 3 PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Pitratul Aini 1714010056 Cover Dll - Pitratul Aini.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pitratul Aini-1714010056 BAB I - Pitratul Aini.pdf

Download (455kB)
[img] Text
Pitratul Aini-1714010056 BAB II - Pitratul Aini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
Pitratul Aini-1714010056 BAB III - Pitratul Aini.pdf

Download (504kB)
[img] Text
Pitratul Aini-1714010056 BAB IV - Pitratul Aini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
Pitratul Aini-1714010056 BAB V - Pitratul Aini.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Pitratul aini- 1714010056 Fulltext - Pitratul Aini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Al-Qur’an Hadits peserta didik kelas VIII MTsN 3 Pesisir Selatan yang rata-rata dibawah KKM. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasai hal tersebut adalah dengan menerapkan media Strip Story. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menerapkan media Strip Story pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits, gambaran hasil belajar peserta didik kelas kontrol tanpa menerapkan media Strip Story pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits, perbedaan hasil belajar antara menerapkan media Strip Story dengan tanpa menerapkan media Strip Story pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Pre-test-Post-test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN 3 Pesisir Selatan. Untuk mendapatkan sampel maka dilakukan pemilihan secara simple random sampling. Yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII-4 dan kelas kontrol VIII-5. Teknik analisis data dan uji normalitas menggunakan SPSS versi 26. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata nilai tes hasil belajar kelas eksperimen 83, 83 dan rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol 80,52. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t menggunakan program SPSS versi 26 diperoleh signifikansi sig α ( 0,000 < 0,05) pada selang kepercayaan 95%, maka keputusannya ditolak dan diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran menggunakan media strip story dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII MTsN 3 Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:15
Last Modified: 29 Sep 2022 02:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11009

Actions (login required)

View Item View Item