PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD (KARTU SOAL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

AZIZAH, PUTRI IRMAYANTI (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD (KARTU SOAL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Azizah Putri Irmayanti_Cover,dll - Azizah Putri Irmayanti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Azizah Putri Irmayanti_1714010022_BAB I - Azizah Putri Irmayanti.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Azizah Putri Irmayanti_1714010022_BAB II - Azizah Putri Irmayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
Azizah Putri Irmayanti_1714010022_BAB III - Azizah Putri Irmayanti.pdf

Download (385kB)
[img] Text
Azizah Putri Irmayanti_1714010022_BAB IV - Azizah Putri Irmayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
Azizah Putri Irmayanti_1714010022_BAB V-Daftar Pustaka - Azizah Putri Irmayanti.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Azizah Putri Irmayanti_1714010022_Full text - Azizah Putri Irmayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran PAI-BP peserta didik pada kelas VIII di SMP Negeri 24 Padang. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang dilaksanakan di dalam kelas hanya berfokus pada pendidik sebagai sumber utama dalam memberikan pengetahuan begitu juga dengan model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik membuat peserta didik tidak tertarik dalam kegiatan pembelajaran PAI-BP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar PAI-BP menggunakan model time token berbantuan media question card dan tanpa menggunakan model time token berbantuan media question card materi Meneladani Kemuliaan Rasul Allah. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen Research). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Padang tahun ajaran 2021/2022. Sampelnya adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII H sebagai kelas kontrol dengan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik the nonprobability sampling menggunakan cara acak atau random dalam menentukan sampel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest hasil belajar PAI-BP kelas eksperimen 62,44 sedangkan pretest kelas kontrol 63,38. Rata-rata nilai postest hasil belajar PAI-BP kelas eksperimen 86,34 sedangkan postest kelas kontrol 78,56. Persentase pencapaian hasil belajar peserta didik pada hasil postest di bandingkan pretest kelas eksperimen 38% sedangkan kelas kontrol yaitu 24%. Berdasarkan analisis uji t dengan SPSS versi 21, maka diperoleh sig ɑ dalam dua arah atau sig (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa 0,000 < 0,005 maka Ha diterima H0 ditolak, artinya Ha yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe time token berbantuan media question card (kartu soal) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP Negeri 24 Padang Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: Hasil belajar peserta didik, Model Pembelajaran Kooperatif, Time Token, Question Card (Kartu Soal)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:44
Last Modified: 29 Sep 2022 01:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11002

Actions (login required)

View Item View Item