PENDIDIKAN KECERDASAN INTELEKTUAL NABI IBRAHIM A.S DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-ANBIYA AYAT 52-65

MUHAMMAD, IMAM TAUFIK (2022) PENDIDIKAN KECERDASAN INTELEKTUAL NABI IBRAHIM A.S DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-ANBIYA AYAT 52-65. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Muhammad Imam Taufik_1614010081_Cover,Pengesahan, dll. - Imam Taufik.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Imam Taufik_1614010081_BAB I - Imam Taufik.pdf

Download (519kB)
[img] Text
Muhammad Imam Taufik_1614010081_BAB II - Imam Taufik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
Muhammad Imam Taufik_1614010081_BAB III - Imam Taufik.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Muhammad Imam Taufik_1614010081_BAB IV - Imam Taufik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
Muhammad Imam Taufik_1614010081_BAB V, Daftar Pustaka - Imam Taufik.pdf

Download (486kB)
[img] Text
Muhammad Imam Taufik_1614010081_Fulltext - Imam Taufik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peristiwa kecerdasan intelektual Nabi Ibrahim dalam menyampaikan tauhid. Menyampaikan dakwah kepada ayah dan kaumnya. Mengingkari perlakuan kaumnya yang menyembah berhala, perilaku Nabi Ibrahim menghancurkan berhala hingga raja Namrud mengajak berdebat Nabi Ibrahim dan beliaupun melancarkan berbagai argumen dan dalil-dalil yang mematahkan lawannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa Saja Pendidikan Kecerdasan Intelektual Nabi Ibrahim Dalam Surat Al-Anbiya Ayat 52-65. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Pendidikan Berdakwah Pendidikan Berdebat dan Untuk Mengetahui Pendidikan Beretorika Nabi Ibrahim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan atau Library Research. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah sumber data yang menjadi rujukan utama yaitu al-Qur’an dan terjemah serta kitabkitab Tafsir, sedangkan sumber data sekunder adalah sumber data yang membantu sumber data primer yaitu meliputi buku-buku yang relevan dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah membaca dan menelaah kitab-kitab tafsir dan buku-buku pendidikan Islam yang berkaitan dengan pokok masalah judul diatas. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Pendidikan Kecerdasan Intelektual Nabi Ibrahim terdiri atas kecerdasan berdakwah, berdebat dan beretorika yang dapat diteladani dan diterapkan oleh pendidik terhadap peserta didik serta dijadikan pedoman orang tua untuk bekal pembelajaran tauhid kepada anaknya sejak usia dini agar tidak khawatir tentang ketauhidan ketika mereka sudah dewasa. Karena terdapat banyak ayat Al-Qur’an yang membahas kecerdasan intelektual Nabi Ibrahim yang merupakan dalil yang paling kuat. Kata Kunci : Library Research, Pendidikan, Nabi Ibrahim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:40
Last Modified: 28 Sep 2022 07:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10986

Actions (login required)

View Item View Item