PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERT

HAFIZ, MUHAYAT (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERT. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Hafiz Muhayat_1614010166_Cover dll - hafiz muhayat.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hafiz Muhayat_1614010166_Bab I - hafiz muhayat.pdf

Download (605kB)
[img] Text
Hafiz Muhayat_1614010166_Bab II - hafiz muhayat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] Text
Hafiz Muhayat_1614010166_Bab III - hafiz muhayat.pdf

Download (830kB)
[img] Text
Hafiz Muhayat_1614010166_Bab IV - hafiz muhayat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)
[img] Text
Hafiz Muhayat_1614010166_Bab V dan Daftar Pustaka - hafiz muhayat.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Hafiz Muhayat_1614010166_Fulltext - hafiz muhayat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas XI di SMAN 1 Sungai Geringging ajaran 2021/2022 merupakan hal yang melatar belakangi penulisan skripsi ini. Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah dengan menggunakan model Listening Team pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Mengetahui gambaran pra ujian hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 1 Sungai Geringging (2) Mengetahui gambaran pra ujian hasil belajar peserta didik kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 1 Sungai Geringging (3) Mengetahui gambaran pasca ujian hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 1 Sungai Geringging (4) Mengetahui gambaran pasca ujian hasil belajar peserta didik kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 1 Sungai Geringging (5) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Listening Team terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 1 Sungai Geringging. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Exsperimental Research). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Sungai Geringging tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah XI IPA.2 dan kelas kontrol XI IPA.3. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pasca ujian hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas eksperimen 85,06 dan rata-rata nilai pasca ujian kelas kontrol 81,46. Persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen 90% sedangkan pada kelas kontrol 80%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 20 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan H0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model Listening Team ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan ketika penggunaan model pembelajaran Listening Team dibandingkan dengan model konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 1 Sungai Geringging.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:34
Last Modified: 28 Sep 2022 07:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10985

Actions (login required)

View Item View Item