PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI UNTUK KELAS VIII MTS IBADURRAHMAN LOLO KABUPATEN SOLOK

YULI, INDRI YANI (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI UNTUK KELAS VIII MTS IBADURRAHMAN LOLO KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Yuli Indri Yani_1714040060_Cover, dll.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Yuli Indri Yani_1714040060_Bab1.pdf

Download (805kB)
[img] Text
Yuli Indri Yani_1714040060_Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Yuli Indri Yani_1714040060_Bab3.pdf

Download (941kB)
[img] Text
Yuli Indri Yani_1714040060_Bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Yuli Indri Yani_1714040060_Bab5-Daftar Pustaka.pdf

Download (444kB)
[img] Text
Yuli Indri Yani_1714040060_Produk.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Yuli Indri Yani_1714040060_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media belajar belum sesuai kebutuhan pendidik dan peserta didik, khususnya buku paket atau modul yang belum bervariasi, belum praktis, belum sesuai dengan kekinian yang dapat diakses di alat komunikasi dan belum mampu mendukung untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Dengan ini, dikembangkan emodul mudah-mudahan kemampuan pemecahan masalah peserta didik meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul dengan model Problem Based Learning yang valid dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Ibadurrahman Lolo Kabupaten Solok. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (develop). Tahap pendefenisian (define) terdiri dari analisis awal akhir, analisis peserta didik, analisis konsep, analisis tugas, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Pada tahap perancangan (design) dilakukan perancangan e-modul dengan model Problem Based Learning dan penyusunan instrumen penlilaian e-modul. Pada tahap pengembangan (develop) dilakukan uji validitas e-modul dan uji praktikalitas e-modul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul dengan model Problem Based Learning memenuhi kriteria valid dengan rata-rata kevalidan 81,825 % dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata kepraktisan 88,845% oleh pendidik dan 90,67% oleh peserta didik. Secara umum, e-modul dengan model Problem Based Learning valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi relasi dan fungsi. Kata Kunci : E-Modul, Problem Based Learning dan Relasi dan Fungsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:34
Last Modified: 27 Sep 2022 07:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10953

Actions (login required)

View Item View Item