Melfi Sriana, Melfi (2019) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN KRITERIA WATSON DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA PADA KELAS XI MAN 1 SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
cover, persetujuan & abstrak.pdf - Published Version Download (219kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (328kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (419kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (98kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (224kB) |
|
Text
skripsi gabungan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak kesalahan yang dilakukan peserta didik MAN 1 Solok Selatan dalam menyelesaikan soal matematika terkait materi program linear dua variabel. Penelitian ini bertujuan; (1) mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal matematika terkait materi program linear dua variabel berdasarkan kriteria Kesalahan Watson. (2) mengetahui penyebab peserta didik melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal matematika terkait materi program linear dua variabel. Kriteria Watson merupakan salah satu panduan untuk menganalisis jenis kesalahan yang peserta didik lakukan dalam pengerjaan soal matematika. Kriteria Watson terdiri dari 8 kriteria kesalahan dalam mengerjakan soal, yaitu : data tidak tepat / inappropriate data (id), prosedur tidak tepat / inappropriate procedure (ip), data hilang / omitted data (od), kesimpulan hilang / omitted conclusion (oc), konflik level respon / response level conflict (rlc), manipulasi tidak langsung / undirected manipulation (um), masalah hierarki keterampilan / skills hierarchy problem (shp), dan selain ketujuh kesalahan / others (o). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN 1 Solok Selatan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dipilih berdasarkan teknik sampling bertujuan (purposive sampling), yang terambil sebagai kelas uji coba soal tes adalah kelas XI IPK 1, dan kelas penelitian adalah kelah XI IPA. Sedangkan untuk subjek wawancara, dipilih satu peserta didik dari tiap kategori kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika terkait materi program linear dua variabel dengan panduan kriteria Watson terletak pada konflik level respon dengan persentase sebesar 36,97%, serta 2) hal-hal yang menyebabkan peserta didik melakukan kesalahan dalam menjawab soal tes diagnostik adalah; (a) peserta didik masih kurang teliti dalam mengerjakan soal, (b) peserta didik masih kurang dalam penguasaan materi pembuatan grafik pada koordinat kartesius, (c) kemampuan peserta didik dalam menggunakan ide aljabar masih rendah, (d) kemampuan peserta didik dalam menganalisis soal masih rendah, dan (e) peserta didik masih kesulitan dalam mengabstraksi apa yang diketahui dari soal. Kata Kunci : analisis kesalahan, kriteria Watson, penyebab kesalahan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Evalina Eva Pustakawan |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 04:24 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 04:24 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10920 |
Actions (login required)
View Item |