MELSY, GUSTINA (2022) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 PADANG PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI BERDASARKAN PERBEDAAN GENDER. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Melsy Gustina_1714040073_Cover, dll - melsy gustina.pdf Download (5MB) |
|
Text
Melsy Gustina_1714040073_BAB I - melsy gustina.pdf Download (4MB) |
|
Text
Melsy Gustina_1714040073_BAB II - melsy gustina.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text
Melsy Gustina_1714040073_BAB III - melsy gustina.pdf Download (6MB) |
|
Text
Melsy Gustina_1714040073_BAB IV - melsy gustina.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
Text
Melsy Gustina_1714040073_BAB V-DAFTAR PUSTAKA - melsy gustina.pdf Download (1MB) |
|
Text
Melsy Gustina_1714040073_Fulltext - melsy gustina.pdf Restricted to Repository staff only Download (57MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan representasi matematis yang harus dimiliki oleh peserta didik . Dengan adanya kemampuan representasi matematis dapat membantu peserta didik untuk memahami konsep matematika dengan mengemukakan suatu masalah dalam berbagai bentuk representasi matematis . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan representasi matematis peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 6 Padang berdasarkan perbedaan gender . Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif deskriptif . Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Padang tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 140 peserta didik . yang terdiri dari 74 peserta didik laki - laki dan 66 peserta didik perempuan . Sampel yang terpilih dalam penelitian ini sebanyak 119 peserta didik , yang terdiri dari 63 sampel peserta didik laki - laki dan 56 sampel peserta didik perempuan yang dipilih menggunakan rumus slovin . Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes kemampuan representasi matematis peserta didik berdasarkan perbedaan gender dengan menggunakan alat instrumen tes tertulis berupa soal uraian ( esai ) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan persentase pencapaian aspek kemampuan representasi matematis peserta didik laki - laki sebesar 47,10 % yaitu tergolong kategori cukup dan persentase pencapaian aspek kemampuan representasi matematis peserta didik perempuan sebesar 47,90 % yaitu tergolong kategori cukup . Pada data hasil persentase tes kemampuan representasi matematis peserta didik berdasarkan perbedaan gender , pada aspek representasi gambar berada pada kategori cukup dengan persentase aspek representasi gambar peserta didik laki - laki sebesar 56,10 % dan persentase aspek representasi gambar peserta didik perempuan sebesar 49,30 % . Pada aspek representasi verbal berada pada kategori kurang dengan persentase aspek representasi verbal peserta didik laki - laki sebesar 21.30 % dan persentase aspek representasi verbal peserta didik perempuan sebesar 32,90 % . Selanjutnya pada aspek representasi simbolik berada pada kategori cukup dengan persentase aspek representasi simbolik peserta didik laki - laki sebesar 63,90 % dan persentase aspek representasi simbolik peserta didik perempuan sebesar 61,50 % .
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 01:04 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 01:04 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10915 |
Actions (login required)
View Item |