PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON BERBASIS PBL PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL KELAS X SMAN 1 SALIMPAUNG

ANTONI, ANTONI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON BERBASIS PBL PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK LINEAR SATU VARIABEL KELAS X SMAN 1 SALIMPAUNG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
ANTONI_1714040048_Cover,dll - Thonie.pdf

Download (566kB)
[img] Text
ANTONI_1714040048_Bab I - Thonie.pdf

Download (312kB)
[img] Text
ANTONI_1714040048_Bab II - Thonie.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
ANTONI_1714040048_Bab III - Thonie.pdf

Download (648kB)
[img] Text
ANTONI_1714040048_Bab IV - Thonie.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ANTONI_1714040048_BAB V - Thonie.pdf

Download (147kB)
[img] Text
ANTONI_1714040048_FULLTEXT - Thonie.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran yang dipakai oleh pendidik di sekolah yang membuat peserta didik kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk menunjang proses pembelajaran agar peserta didik lebih aktif dan terbiasa mandiri dalam memahami materi yang sedang dipelajari maka dikembangkanlah media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Powtoon yang memuat langkah-langkah Problem Based Learning yang valid dan praktis. Penelitian ini dilaksanakan dengan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefenisian (define) terdiri dari analisis silabus, analisis literatur, analisis konsep, perumusan tujuan pembelajaran, analisis pendidik dan peserta didik. Pada tahap perancangan (design) dilakukan perancangan Media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Powtoon berbasis Problem Based Learning dan penyusunan instrumen penilaian media pembelajaran. Pada tahap pengembangan (develop) dilakukan uji validitas media dan uji praktikalitas media pembelajaran. Subjek penelitian adalah 6 orang peserta didik kelas X mipa SMAN 1 Salimpaung. Uji validitas media dilakukan oleh lima orang pakar yaitu 3 pakar ahli matematika, 1 pakar ahli bahasa Indonesia, 1 pakar ahli teknologi pendidikan. Uji praktikalitas terhadap media pembelajaran dilihat dari angket praktikalitas dan hasil wawancara pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian dari 5 orang validator, media yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata 89,5% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan uji praktikalitas yang dilakukan kepada 2 orang pendidik dan 6 orang peserta didik mendapatkan skor rata-rata persentase kepraktisan 86,6%dan 91,5%. yang memenuhi kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:31
Last Modified: 26 Sep 2022 02:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10909

Actions (login required)

View Item View Item