ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN KRITERIA WATSON DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTsN 13 PESISIR SELATAN

SEPTI, WULANDARI (2022) ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN KRITERIA WATSON DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTsN 13 PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Septi Wulandari _1614040101_cover,dll - Septi Wulandari.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Septi Wulandari_1614040101_Bab 1 - Septi Wulandari.pdf

Download (690kB)
[img] Text
Septi Wulandari_1614040101_Bab 2 - Septi Wulandari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
Septi Wulandari_1614040101_Bab 3 - Septi Wulandari.pdf

Download (685kB)
[img] Text
Septi Wulandari_1614040101_Bab 4 - Septi Wulandari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)
[img] Text
Septi Wulandari_1614040101_Bab 5_Daftar Pustaka - Septi Wulandari.pdf

Download (481kB)
[img] Text
Septi Wulandari_1614040101_fulltext - Septi Wulandari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak kesalahan yang dilakukan peserta didik MTsN 13 Pesisir Selatan dalam menyelesaikan soal matematika terkait materi teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenisjenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam mengerjakan soal matematika terkait materi teorema pythagoras berdasarkan kriteria kesalahan Watson. Kriteria Watson merupakan salah satu panduan untuk menganalisis jenis kesalahan yang peserta didik lakukan dalam mengerjakan soal matematika. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik berdasarkan kriteria Watson dalam mengerjakan soal, yaitu : data tidak tepat / inappropriate data (id) sebanyak 13,33%,prosedur tidak tepat / inappropriate procedure (ip) sebanyak 50%, data hilang / omitted data (od) sebanyak 3,33%, kesimpulan hilang / omitted conclusion (oc) sebanyak 30%, konflik level respon / response level conflict (rlc) sebanyak 36,66%, manipulasi tidak langsung / undirected manipulation (um)sebanyak 43,33%, masalah hirarki keterampilan / skill hierarchy problem (shp)sebanyak 66,66%, dan selain ketujuh kesalahan / others (o)sebanyak 90%. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 13 Pesisir Selatan tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dipilih berdasarkan teknik sampling bertujuan ( purposive sampling), yang terambil sebagai kelas uji coba soal tes adalah kelas VIII A, dan kelas penelitian adalah kelas VIII B. Sedangkan untuk subjek wawancara, dipilih satu peserta didik dari setiap kategori kesalahan.Hasil penenlitian menunjukkan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika terkait materi teorema Pythagoras dengan panduan kriteria Watson terletak pada selain ketujuh kesalahan dengan persentase sebesar 90 % yaitu berupa kesalahan dalam tidak merespon soal yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:17
Last Modified: 26 Sep 2022 02:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10905

Actions (login required)

View Item View Item