ULFA, HAKIMAH (2022) “PENERAPAN MODEL CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP N 30 PADANG”. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Ulfa Hakimah_1514040056_Cover,dll - 0020 Rahmad Tri Wahyudi.pdf Download (7MB) |
|
Text
Ulfa Hakimah_1514040056_Bab I - Ulfa Hakimah.pdf Download (867kB) |
|
Text
Ulfa Hakimah_1514040056_Bab II - Ulfa Hakimah.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
|
Text
Ulfa Hakimah_1514040056_Bab III - Ulfa Hakimah.pdf Download (735kB) |
|
Text
Ulfa Hakimah_1514040056_Bab IV - Ulfa Hakimah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Ulfa Hakimah_1514040056_Bab V-Daftar Pustaka - 0020 Rahmad Tri Wahyudi.pdf Download (11MB) |
|
Text
Ulfa Hakimah_1514040056_Fulltext - 0020 Rahmad Tri Wahyudi.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis peserta didik di kelas VIII SMP N 30 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang bisa meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan koneksi peserta didik adalah dengan penerapan model Conceptual Understanding Procedures. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis peserta didik yang belajar dengan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis peserta didik dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 30 Padang. Penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 30 Padang tahun ajaran 2020/2021, dengan sampel yang terpilih adalah kelas VIII A untuk eksperimen dan kelas VIII D untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 78.20 dan 70.38. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan koneksi matematis pada kelas ekperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 77.79 dan 69.98. Setelah dilakukan uji hipotesis untuk kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel (2.20>1,67) dengan αi=i0.05 pada taraf kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima, dan uji hipotesis untuk kemampuan koneksi matematis peserta didik menggunakan uji-t, diperoleh thitung > ttabel (1.92>1.67) dengan αi=i0.05 pada taraf kepercayaan 95%, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis peserta didik yang belajar dengan model Conceptual Understanding Procedures lebih tinggi dari pada peserta didik yang tidak belajar dengan model Conceptual Understanding Procedures di kelas VIII SMP N 30 Padang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 02:00 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 02:00 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10902 |
Actions (login required)
View Item |