YORI, FEBRIA SOMETA (2022) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 2 PADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Yori Febria Someta_1814030061_Cover, dll - yori febria.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yori Febria Someta_1814030061_Bab I - yori febria.pdf Download (1MB) |
|
Text
Yori Febria Someta_1814030061_Bab II - yori febria.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
|
Text
Yori Febria Someta_1814030061_Bab III - yori febria.pdf Download (468kB) |
|
Text
Yori Febria Someta_1814030061_Bab IV - yori febria.pdf Restricted to Repository staff only Download (663kB) |
|
Text
Yori Febria Someta_1814030061_Bab V - yori febria.pdf Download (451kB) |
|
Text
Yori Febria Someta_1814030061_Fultext - yori febria.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Program tahfidz Al-Quran ini merupakan program unggulan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Padang Pariaman yang satu-satu sekolah islam maupun sekolah umum negeri pertama yang menyediakan program ungggulan tahfidz Al-Qur’an di wilayah kabupaten padang pariaman. Siswa-siswi tidak hanya dihadapkan dengan mata pelajaran yang ada di dalam kelas melainkan dihadapkan dengan kegiatan khusus menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan strategi kepala madrasah dalam mengimplementasikan program tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Padang Pariaman. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi program tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Padang Pariaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini Kepala Madrasah, Koordinator Tahfidz Al-Qur’an, Guru Pembimbing Tahfidz, dan Siswa Tahfidz. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari temuan penelitian ini: 1) Perencanaan strategi kepala madrasah dalam mengimplementasikan program tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Padang Pariaman yaitu: Memprakarsai dan menyepakati proses perencanaan strategis yaitu kepala sekolah, majelis guru, da komite. Memperjelas mandat organisasi dan misi serta nilai-nilai yaitu menentukan pengurus melalui kesepakatan orang tua/ wali murid dalam rapat dan untuk menentukan guru tahfidz melalui penyebaran brosur ke media sosial. Menilai lingkungan eksternal dan internal adalah guru-guruyang direkrut adalah guru-guru yang sudah berpengalaman dibidang tahfidz Al-Qur’an, program tahfidz sudah menyediakan sarana dan prasarana guna menunjang kegiatan tahfidz. Mengidentifikasi dan merumuskan strategi dengan bekerja sama dengan orang tua memantau perkembangan hafaln anak dan program mukhayyam dengan metode hafalan berkemah. Menciptakan visi agar siswa dekat dan cinta pada Al-Qur’an, jika mereka cinta pada Al-Qur’an akan berbentuk karakter, kecerdasan, dan berakhlak terutama dalam menuntut ilmu. 2) Pelaksanaan strategi program tahfidz Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Padang Pariaman dilaksanakan setiap hari selasa, rabu, kamis, dan sabtu pada jam 06.00-07.30 Wib di Musholla Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Padang Pariaman, materi disampaikan 1 kali 15 hari, metode menghafal yaitu metode takrir dan tasmi’, dan faktor pendukung siswa dalam menghafal yaitu dukungan orang tua atau lingkungan keluarga, dan faktor penghambat siswa dalam menghafal yaitu kurangnya niat dan semangat, lebih banyak waktu bermain. Kata kunci: Strategi Kepala Sekolah, Tahfidz Al-Qur’a
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 04:04 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 04:04 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10876 |
Actions (login required)
View Item |