ALI, MUSTOPA YAKUB SIMBOLON (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 13 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Ali Mustopa Yakub Simbolon_1814030005_Cover - 0005 Ali Mustopa Yakub Simbolon.pdf Download (969kB) |
|
Text
Ali Mustopa Yakub Simbolon_1814030005_Bab I - 0005 Ali Mustopa Yakub Simbolon.pdf Download (242kB) |
|
Text
Ali Mustopa Yakub Simbolon_1814030005_Bab II - 0005 Ali Mustopa Yakub Simbolon.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
Text
Ali Mustopa Yakub Simbolon_1814030005_Bab III - 0005 Ali Mustopa Yakub Simbolon.pdf Download (152kB) |
|
Text
Ali Mustopa Yakub Simbolon_1814030005_Bab IV - 0005 Ali Mustopa Yakub Simbolon.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Ali Mustopa Yakub Simbolon_1814030005_Bab V - 0005 Ali Mustopa Yakub Simbolon.pdf Download (160kB) |
|
Text
Ali Mustopa Yakub Simbolon_1814030005_Fulltext - 0005 Ali Mustopa Yakub Simbolon.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait pelayanan yang dilakukan di SMA Negeri 13 Padang terhadap pelanggan masih kurang optimal karena masih ada siswa dan guru (pelanggan internal) yang merasa kurang puas terkait layanan jasa atau produk yang diberikan pihak sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui standar operasional prosedur (SOP) pelayanan prima di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 13 Padang. Selain itu, untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan prima di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 13 Padang, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelayanan prima di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 13 Padang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha dan Pegawai Tata Usaha. Hasil Penelitian ini adalah pertama, pihak sekolah menggunakan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan sebagai rujukan dan meminimalisir kekeliruan (kesalahan) dalam mengambil keputusan. Kedua, pelaksanaan pelayanan prima diterapkan dengan memberikan pelayanan yang religius dan kekeluargaan, pelayanan tersebut diberikan kepada guru, siswa dan para stakeholder yang ada di internal sekolah. Serta pihak sekolah juga memberikan motivasi dengan cara memberikan reward and punishment kepada pegawai berguna untuk menciptakan iklim organisasi yang bergairah. Pelayanan yang diberikan cukup baik karena para pegawai memberikan sikap sepenuh hati dan loyalitas yang tinggi dalam melayani pelanggan. Ketiga, faktor pendukung pelayanan prima di sekolah yaitu terpenuhinya kelengkapan sarana dan prasarana, memiliki pegawai tata usaha yang cukup. Dan faktor penghambat pelayanan prima di sekolah ini yaitu kurangnya pelatihan atau pendidikan karir terhadap pegawai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 02:05 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 02:05 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10810 |
Actions (login required)
View Item |