PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 3 PADANG

ZUBAIDAH, KHOPIPAH (2022) PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 3 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Zubaidah Khopipah_1714030040_Cover dkk - Zubaidah Khopipah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Zubaidah Khopipah_1714030040_Bab I - Zubaidah Khopipah.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Zubaidah Khopipah_1714030040_Bab II - Zubaidah Khopipah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
Zubaidah Khopipah_1714030040_Bab III - Zubaidah Khopipah.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Zubaidah Khopipah_1714030040_Bab IV - Zubaidah Khopipah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] Text
Zubaidah Khopipah_1714030040_Bab V Daftar P - Zubaidah Khopipah.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Zubaidah Khopipah_1714030040_Fulltext - Zubaidah Khopipah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pentingnya pemasaran jasa pendidikan. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Padang merupakan madrasah yang berupaya memaksimalkan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan jasa pendidikan agar menyukai jasa pendidikan yang ditawarkan oleh Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Padang. Sekolah/Madrasah yang berorintasi pada pelanggan jasa pendidikan pentingnya untuk memperhatikan strategi pemasaran jasa pendidikan agar berorintasi pada pelayanan yang prima dan maksimal. Tujuan penelitiannya (1) Untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan di MIN 3 Padang untuk mempekerjakan karyawan yang tepat. (2) Untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan di MIN 3 Padang untuk mengembangakan karyawan untuk menyampaikan kualitas jasa. (3) Untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan di MIN 3 Padang menyediakan sistem pendukung yang dibutuhkan karyawan. (4) Untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan di MIN 3 Padang untuk mempertahankan karyawan yang terbaik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriktif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan dua tahap yaitu berupa observasi dan wawancara pendahuluan, tahanpan kedua yaitu analisis selama dilapangan yang memuat tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Strategi yang di lakukan MIN 3 Padang untuk mempekerjakan karyawan yang tepat ialah dengan merekrut karyawan yang berkualifikasi, mewawancarai dan menyeleksi calon karyawan dan berupaya menjadi pimpinan yang disukai oleh bawahannya dengan memberikan memberikan arahan, bimbingan serta bersikap ramah dan melaksanakan tugas dengan baik. (2) Strategi yang di lakukan di MIN 3 Padang untuk mengembangkan karyawan untuk menyampaikan kualitas jasa ialah dengan memberikan pelatihan kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, juga melaksanakan dan mengukuti kegiatan yang di adakan oleh kementerian agama kota Padang serta mendukung bagi guru yang ingin melanjutkan pendidikannya serta mengikuti perlombaan. (3) Strategi yang di lakukan MIN 3 Padang untuk menyediakan sistem pendukung yang dibutuhkan oleh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dengan memberikan peralatan, kebutuhan, dan melaksanakan pengukuran terhadap kualitas jasa pendidikan secara internal. (4) Strategi yang di lakukan MIN 3 Padang untuk mempertahankan karyawan yang terbaik ialah dengan memberikan motivasi kerja dengan memberikan promosi kenaikan jabatan atau pangkat kepada karyawan yang melaksanakan tugas dengan baik dan sesai dengan target yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:00
Last Modified: 19 Sep 2022 02:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10809

Actions (login required)

View Item View Item