RAHMIWATI, RAHMIWATI (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI 28 SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Rahmiwati_1614030053COVER DLL - Dina Nofiyanti.pdf Download (1MB) |
|
Text
Rahmiwati.1614030053.BAB 1 RAHMI - Dina Nofiyanti.pdf Download (502kB) |
|
Text
Rahmiwati.1614030053.BAB II PROPOSAL RAHMI - Dina Nofiyanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) |
|
Text
Rahmiwati.1614030053.BAB III RAHMI - Dina Nofiyanti.pdf Download (260kB) |
|
Text
Rahmiwati.1614030053.BAB IV RAHMI - Dina Nofiyanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
|
Text
Rahmiwati.1614030053.BAB V- PUSTAKA - Dina Nofiyanti.pdf Download (306kB) |
|
Text
Rahmiwati_1614030053FULL - Dina Nofiyanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Berdasarkan Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang sistem pendidikan nasional, ketentuan umum pasal 1 ayat (1. Penulis ingin mendeskripsikan tentang bagaimana pelaksanaan kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan, kesiswaan, keuangan, sarana dan prasarana, hubungan sekolah dengan masyrakat, dan layanan khusus. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Implemtasi Manajemen Berbasis Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagamana pelaksanaan dari manajemen berbasis sekolah yang diterapkan di SMP Negeri 28 Solok Selatan, guna untuk menjadi acuan serta semangat bagi sekolah-sekolah lain untuk dapat meningkatkan manajemen disekolahnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini: (1) Dalam kegiatan pelaksanaan manajemen kurikulum di SMP Negeri 28 Solok Selatan sebelum dilaksanakannya proses kurikulum terlebih dahulu sekolah perlu melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan penilaian atau evaluasi. (2) pendidik dan tenaga kependidikan terhadap peserta didik dalam mendidik, mengarahkan dan membimbing peserta didik melalui pendekatan persuasif. (3) usaha pengaturan sekolah terhadap peserta didik mulai dari peserta didik masuk sekolah sampai dengan mereka lulus sekolah. (4) substansi pengelolaan sekolah yang akan turut menentukan berjalannya kegiatan pendidikan disekolah. (5) fasilitas pendukung yang menunjang terjadinya proses kegiatan belajar mengajar disuatu lembaga sekolah. (6) Sekolah mempunyai kewajiban secara moral untuk slalu meberikan penerangan kepada masyarakat tentang tujuan-tujuan, program-program, kebutuhan dan keadaannya dan sebaliknya sekolah harus mengetahui dengan jelas apa kebutuhan, harapan dan tuntutan masyarakatnya. (7) Manajemen layanan khusus bertujuan untuk memudahkan atau memperlancar pembelajaran, serta dapat memenuhi kebutuhan khusus siswa disekolah. Yang meliputi; manajemen layanan bimbingan konseling, layanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 01:25 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 01:28 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10802 |
Actions (login required)
View Item |