INDAH, RIFAYANA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF IPA BERBASIS TPACK BERBANTUAN GOOGLE SITES TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SMP/MTs. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Indah Rifayana_1814080052_Cover,dll - 0052 Indah Rifayana.pdf Download (2MB) |
|
Text
Indah Rifayana_1814080052_Bab I - 0052 Indah Rifayana.pdf Download (1MB) |
|
Text
Indah Rifayana_1814080052_Bab II - 0052 Indah Rifayana.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Indah Rifayana_1814080052_Bab III - 0052 Indah Rifayana.pdf Download (897kB) |
|
Text
Indah Rifayana_1814080052_Bab IV - 0052 Indah Rifayana.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Indah Rifayana_1814080052_Bab V - 0052 Indah Rifayana.pdf Download (500kB) |
|
Text
Indah Rifayana_1814080052_Fulltext - 0052 Indah Rifayana.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
|
Text
Indah Rifayana_1814080052_Produk - 0052 Indah Rifayana.pdf Download (197kB) |
Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Berbasis TPACK Berbantuan Google Sites Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Peserta Didik SMP/MTs. Skripsi: Tadris IPA Fisika Konsentrasi Fisika, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi karena penyebaran Covid-19 memaksa peserta didik dan pendidik menjalankan aktivitas belajar dari rumah. Selain itu minimnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi (elektronik) serta rendahnya keterampilan berpikir kritis dan literasi sains peserta didik karena sistem pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode konvensional. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi proses pembelajaran dimasa pandemi dan mengatasi rendahnya berpikir kritis dan literasi sains yaitu mengembangkan media pembelajaran interaktif IPA berbasis TPACK berbantuan google sites terhadap keterampilan berpikir kritis dan literasi sains dan menghasilkan media pembelajaran interaktif IPA berbasis TPACK pada materi pencemaran lingkungan dan pemanasan global yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang meliputi tiga tahapan. Pada tahap penelitian pendahuluan dilakukan dua tahap yaitu analisis kebutuhan dan analisis literatur. Pada tahap pengembangan atau prototype dilakukan perancangan terhadap media pembelajaran interaktif IPA berbasis TPACK yang terlebih dahulu di validasi oleh tiga orang ahli. Dari aspek kelayakan materi, bahasa dan media menggunakan angket validasi. Selanjutnya pada tahap penilaian produk di uji coba oleh 2 orang pendidik IPA di SMP PGRI 1 Padang dan 20 peserta didik untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk. Uji efektivitas diberikan tes kepada 20 orang peserta didik untuk dilihat nilai aspek keterampilan berpikir kritis dan literasi sains peserta didik setelah menggunakan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif IPA berbasis TPACK sangat valid dengan skor rata-rata 86,38% dengan persentase uji kelayakan isi 90%, kelayakan bahasa 92% dan kelayakan media 77,14%. Uji kepraktisan produk dengan skor rata-rata 87,83% dengan persentase 2 orang pendidik mendapatkan rata-rata 90% dan peserta didik 85,66%. Sedangkan keefektifan dikategorikan sangat efektif dengan skor rata-rata oleh hasil soal tes respon peserta didik 82,75% yang tergolong kedalam kategori sangat efektif. Dari hasil penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif IPA berbasis TPACK berbantuan google sites terhadap keterampilan berpikir kritis dan literasi sains peserta didik memenuhi persyaratan dengan kualitas valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk peserta didik SMP/MTs.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 03:41 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 03:41 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10727 |
Actions (login required)
View Item |