PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEAM MENGGUNAKAN MOODLE TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

SERLI, ANGGRIANINGSIH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS STEAM MENGGUNAKAN MOODLE TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
serlianggrianingsih_1614080044_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Serli Anggrianingsih_1614080044_Bab I - serlianggrianingsih 12345.pdf

Download (732kB)
[img] Text
Serli Anggrianingsih_1614080044_Bab II - serlianggrianingsih 12345.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img] Text
Serli Anggrianingsih_1614080044_Bab III - serlianggrianingsih 12345.pdf

Download (461kB)
[img] Text
Serli Anggrianingsih_1614080044_Bab IV - serlianggrianingsih 12345.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Serli Anggrianingsih_1614080044_Bab V - serlianggrianingsih 12345.pdf

Download (298kB)
[img] Text
serlianggrianingsih_1614080044_fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Serli Anggrianingsih_1614080044_Produk - serlianggrianingsih 12345.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Moodle Berbasis STEAM Terintegrasi Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik, Skripsi Tadris IPA Konsentrasi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 289 halaman. Penelitian ini di latarbelakangi dengan masih rendahnya keterampilan berpikir kreatif, dan kurang efektif media pembelajaran fisika peserta didik, diantaranya disebabkan tidak adanya media pembelajaran fisika berbasis STEAM berintegrasi kearifan lokal dalam pembelajaran dan tidak adanya media pembelajaran fisika yang menunjang peserta didik untuk bisa belajar secara mandiri. Tujuan Penelitian ini yaitu menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis STEAM berintegrasi kearifan lokal tari ilau pada materi getaran harmonik dan gelombang bunyi yang valid, praktis dan efektif serta terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan menggunakan model Plomp yang meliputi tiga tahapan pengembangan yaitu: penelitian pendahuluan (Preliminary rearsch), fase pengembangan atau prototipe (Development of prototype phase) dan fase penilaian (Assesment phase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan media pembelajaran fisika berbasis STEAM berintegrasi kearifan lokal tari ilau sangat valid dengan skor rata-rata 87,13% dengan persentase yang di nilai uji kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan media. Uji kepraktisan produk oleh 1 orang Pendidik melalui angket mendapatkan rata-rata 92%. Sedangkan untuk melihat berpikir kreatif peserta didik dapat dilihat melalui angket keefektifan produk dikategorikan sangat efektif dengan rata-rata yang adalah 91% dan untuk soal tes dan untuk angket efektifitas dengan rata-rata 90%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis STEAM berintegrasi kearifan lokal tari ilau terhadap keterampilan kreatif peserta didik dengan kriteria sangat valid, sangat dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:58
Last Modified: 15 Sep 2022 01:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10714

Actions (login required)

View Item View Item