ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP HASI BELAJAR IPATERPADU KELAS VIII SMPN I MAPAT TUNGGUL SELATAN KABUPATEN PASAMAN

YESI, N (2022) ANALISIS PERAN ORANG TUA TERHADAP HASI BELAJAR IPATERPADU KELAS VIII SMPN I MAPAT TUNGGUL SELATAN KABUPATEN PASAMAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Yesi. N_1514080034_Cover,dll - Yesi Novita.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Yesi. N_1514080034_Bab I - Yesi Novita.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Yesi. N_1514080034_Bab II - Yesi Novita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
Yesi. N_1514080034_Bab III - Yesi Novita.pdf

Download (506kB)
[img] Text
Yesi. N_1514080034_Bab IV - Yesi Novita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
Yesi. N_1514080034_Bab V - Yesi Novita.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Yesi. N_1514080034_Fulltext - Yesi Novita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Analisis Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Kelas VIII SMPN 1 Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman “, Skripsi: Tadris IPA Konsentrasi Fisika, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022, Penelitian ini di latar belakangi oleh kemampuan belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman bagus di mata pelajaran IPA Terpadu dan bentuk peran orang tua terhadap hasil belajar IPA Terpadu kelas VIII SMPN 1 Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman. Pembelajaran dilakukan secara shift, satu minggu belajar disekolah dan satu minggu belajar daring.Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Peran orang tua terhadap hasil belajar IPA Terpadu kelas VIII SMPN 1 Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.Subjek penelitian ini sebanyak 34 orang tua peserta didik kelas VIII SMPN 1 Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman yang terdiri dari 34 sampel.Instrumen yang digunakan berupa angket yang dibagikan kepada orang tua peserta didik. Analisis anket menggunakan rumus skala liker. Angket tersebut disusun dalam bentuk skala Likert dengan kategori positif. Hasil penelitian menyatakan bahwa peran orang tua terhadap hasil belajar IPA Terpadu kelas VIII SMPN 1 Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman sangatlah penting. Beberapa bentuk peran orang tua diantaranya yaitu orang tua sebagai pendidik, sebagai pelindung, sebagai motivator, sebagai fasilitator dan sebagai pembimbing.Hasil belajar peserta didik di sekolah bagus di mata pelajaran IPA Terpadu karena selain dari semangat belajar yang kuat dari peserta didik juga tidak terlepas dari bagaimana peran orang tuanya di rumah.Hal inilah yang menyebabkan kemampuan belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman ini bagus di mata pelajaran IPA Terpadu.Dari hasil penelitian, data yang di peroleh pada saat observasi dan data analisis angket menunjukkan hasil yang saling berkaitan.Data yang di peroleh saat observasi di dukung oleh hasil analisis angket. Hasil analisis angket menyatakan bahwa 85 % orang tua peserta didik menjawab pertanyaan yang sama dengan peserta didik. Hal ini dibuktikan dari 20 pertanyaan dalam angket untuk orang tua peserta didik dan 20 pertanyaan dalam angket untuk peserta didik, 16 pertanyaan di jawab sama oleh orang tua dan peserta didik dan jawaban yang tidak sama hasil analisisnya hanya 4 pertanyaan. Jadi, orang tua peserta didik sangat berperan terhadap hasil belajar IPA Terpadu kelas VIII SMPN 1 Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:33
Last Modified: 15 Sep 2022 01:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10709

Actions (login required)

View Item View Item