PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 1 X KOTO SINGKARAK

Afrianti, Afrianti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 1 X KOTO SINGKARAK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
2. COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (718kB)
[img] Text
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (300kB)
[img] Text
4. BAB II KAJIAN TEORI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (595kB)
[img] Text
6. BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
7. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB)
[img] Text
9. SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Arfiranti : Pengaruh Model Pembelajaran Connecting Organizing NIM. 1414040696 Reflecting Extending (CORE) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas VIII SMPN 1 X Koto Singkarak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMPN 1 X Koto Singkarak tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran belum mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dalam proses pembelajaran. Untuk itu diterapkan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik sebelum belajar dengan menggunakan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending dan sesudah belajar dengan menggunakan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending di kelas VIII SMPN 1 X Koto Singkarak. Hipotesis penelitian ini adalah “Terdapat perbedaan antara kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik sebelum belajar dengan menggunakan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending dan sesudah belajar dengan menggunakan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending di kelas VIII SMPN 1 X Koto Singkarak”. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dan rancangan penelitian yang digunakan adalah One- Group Pretest- Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 X Koto Singkarak. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Diperoleh kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Waktu penelitian ini dimulai tanggal 02 November 2018- 23 November 2018 di SMPN 1 X Koto Singkarak tahun pelajaran 2018/ 2019 semester ganjil. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep peserta didik dengan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending adalah 75,22, dan nilai rata- rata pemahaman konsep sebelum diberikan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending adalah 40,00, Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh dan i , dengan demikian dengan taraf kepercayaan 95%. Ini berarti . Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMPN 1 X Koto Singkarak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:50
Last Modified: 12 Sep 2022 03:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10642

Actions (login required)

View Item View Item