Aida, Ningsih (2022) PERBANDINGAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM HASAN LANGGULUNG DAN ZAKIAH DARADJAT. Doctoral thesis, Program Pascasarjana.
Text (Cover)
AIDA NINGSIH_NIM 88315285_Cover dkk.pdf - Published Version Download (919kB) |
|
Text (BAB I)
AIDA NINGSIH_NIM 88315285_BAB I.pdf - Published Version Download (252kB) |
|
Text (BAB II)
AIDA NINGSIH_NIM 88315285_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
|
Text (BAB III)
AIDA NINGSIH_NIM 88315285_BAB III.pdf - Published Version Download (102kB) |
|
Text (BAB IV)
AIDA NINGSIH_NIM 88315285_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
|
Text (BAB V)
AIDA NINGSIH_NIM 88315285_BAB V DAN PUSTAKA.pdf - Published Version Download (252kB) |
|
Text (Fulltex)
AIDA NINGSIH_NIM 88315285_Disertasi Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Aida Ningsih, NIM : 88315285 “Perbandingan Pemikiran Pendidikan Islam Hasan Langgulung dan Zakiah Daradjat”, Disertasi: Program Doktor Pendidikan Islam, Program Pascasarjana Universitas Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, 2021. Latar Belakang penelitian ini adalah keunikan yang terdapat pada k edua tokoh yang mempunyai perhatian khusus tentang perkembangan pendidikan Islam.Hasan Langgulung dan Zakiah Daradjat merupakan pemikir dan praktisi dengan latar belakang psikologi, aktif dalam pengajaran, dan banyak menghasilkan karya tulis ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Konsep pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung (2) Konsep pendidikan Islam menurut Zakiah Daradjat (3) Perbandingan pemikiran pendidikan Hasan Langgulung dan Zakiah Daradjat serta kontribusinya terhadap pendidikan Islam di Indonesia. . Hasil penelitian ini adalah (1) Pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung adalah jalan utama bagi kemajuan bangsa dan mencapai kedudukan di dunia, dasar pendidikan Islam tauhid, tujuan pendidikan Islam membentuk pribadi yang berguna bagi masyarakatnya, pendidik sebagai contoh teladan, peserta didik harus memiliki sifat hormat dan santun terhadap pendidiknya, dan lingkungan pendidiikan merupakan tempat melatih budi dan persiapan untuk hidup di masyarakat. (2) Pendidikan Islam menurut Zakiah Daradjat adalah bimbingan jasmani dan rohani menuju kesempurnaan sifatsifat manusia yang sesungguhnya, dasar pendidikan Islam tauhid, tujuan pendidikan Islam menjadi hamba Allah, pendidik memiliki jiwa pengorbanan untuk memajukan bangsa, peserta didik harus melepaskan ketergantungan serta memiliki sikap inisiatif untuk mandiri, dan lingkungan pendidikan merupakan tempat melahirkan lulusan yang melepaskan ketergantungan serta menumbuhkan sikap inisiatif untuk mandiri. (3) Persamaan pemikiran pendidikan Hasan Langgulung dan Zakiah Daradjat terdapat pada konsep pendidikan Islam pada penekanan aspek rohani, hubungan pendidikan Islam dengan kemajuan bangsa, tauhid sebagai dasar pendidikan Islam, penggunaan tujuan tertinggi dalam tujuan pendidikan Islam, jiwa pengorban pendidik, akhlak mulia pada peserta didik, dan perhatian pada lingkungan sekolah dan luar sekolah. Sedangkan perbedaan pemikiran terdapat pada indakator insan kamil, orientasi pendidikan Islam tentang tugas pokok manusia, aspek tujuan dalam tujuan pendidikan Islam, peran pendidik, peran peserta didik, peran sekolah. Bentuk kontribusi Hasan Langgulung terhadap pendidikan Islam di Indonesia berupa islamisasi ilmu sedangkan Zakiah Daradjat berupa integrasi ilmu.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nasrul Makdis Pustakawan |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 09:23 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 09:23 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10585 |
Actions (login required)
View Item |