Ilham, Ilham (2019) PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI MAN 1 SOLOK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
Point B.pdf - Published Version Download (128kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (382kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (106kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (148kB) |
|
Text
TadrisIPS_1414090786_Ilham.Zip.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Sejarah di MAN 1 Solok. Ditulis oleh Ilham, NIM 1414090786. Mahasiswa Prodi Tadris IPSKonsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Skripsi ini dilatar belakangi permasalahan bahwa nilai mata pelajaran sejarah peserta didik yang penulis temui di MAN 1 Solok masih rendah dan belum mencapai KKM (78). Nilai rendah identik dengan peserta didik tidak menguasai materi. Agar peserta didik dapat menguasai materi pelajaran sejarah bisa dibantu dengan dengan menggunakan media pembelajaran. Dari pengamatan sepintas penulis melihat pendidik tidak menggunakan media secara baik. Media yang digunakan pendidik kurang jelas sehingga mengundang keributan dikelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media dalam pembelajaran sejarah di MAN 1 Solok. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk media yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di MAN 1 Solok, mendeskripsikan penggunaan media dalam pembelajaran sejarah di MAN 1 Solok dan mengetahui dampak penggunaan media terhadap proses pembelajaran sejarah di MAN 1 Solok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif tergolong dalam penelitian lapangan yang dilakukan di MAN 1 Solok. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik sejarah dan peserta didik MAN 1 Solok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, observasi dan wawancara yang diajukan kepada kepala sekolah, pendidik sejarah dan peserta didik MAN 1 Solok. Hasil temuan bahwa bentuk-bentuk media yang digunakan pendidik dalam pembelajaran sejarah berupa, power point, gambar, peta, peta konsep dan film. Media yang digunakan pendidik sudah sesuai dengan materi ajar. Pada saat penggunaan media pendidik menampilkan media yang akan digunakan lalu menjelaskan. Pada proses pembelajaran pendidik lebih dominan menggunakan media sehingga pendidik kurang terlibat dalam pembelajaran. Dengan penggunaan media dalam pembelajaran peserta didik memperhatikan pendidik dalam menyampaikan materi ajar. Dampak positif dari penggunaan media dalam pembelajaran peserta didik lebih tertarik untuk belajar sejarah. Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menggunakan media membuat peserta didik lebih semangat untuk belajar. Peserta didik mulai mengurangi hal-hal yang mengganggu belajar. Dampak negatif dari penggunaan media pendidik sering menghadapi kendala dalam menyiapkan media, sehingga memakan waktu sedikit lama. Dari temuan tersebut dapat penulis ambil kesimpulan pendidik telah menggunakan media dalam pembelajaran sejarah. Dalam penggunaan media, pendidik masih terlihat kurang melibatkan peserta didik. Untuk itu pendidik perlu memahami bagaimana penggunaan media yang baik dan tepat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Evalina Eva Pustakawan |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 04:15 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 04:33 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10483 |
Actions (login required)
View Item |