Al, Anshari (2011) METODE PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN DI PERGURUAN ISLAM AL-RISALAH PADANG SUMATERA BARAT. Masters thesis, UIN IB PADANG.
Text (COVER)
A-COVER.pdf - Published Version Download (456kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (676kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (829kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (177kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (578kB) |
|
Text (FULLTEXT)
Z-FULLTEXT.pdf - Published Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Al-Anshari: Nim, 08806821, Metode Tahfizh al-Qur’an di Perguruan Islam al-Risalah Padang Sumatera Barat, Tesis, Padang: Konsentrasi Pendidikan Islam Program Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang, Maret 2011. Persoalan mendasar yang dikaji dalam tesis ini bertitik tolak dari fenomena yang terjadi di Perguruan Islam al-Risalah terkait dengan metode tahfizh al-Qur’an. Perguruan Islam al-Risalah menyelenggarakan pendidikan berkelanjutan selama 6 (Enam) tahun dengan sistem Boarding School (SMP dan MA). Suatu hal yang spesifik di Perguruan Islam al-Risalah adalah adanya perpaduan 3 (tiga) kurikulum dalam proses pembelajaran yaitu Diknas, Kemenag dan kurikulum khusus Perguruan setara di Timur Tengah. Di tengah padatnya mata pelajaran yang akan dilalui oleh para siswa, namun pembelajaran Tahfiz tetap saja dalam batas-batas tertentu menjadi skala prioritas. Sejalan dengan itu kemampuan akademik yang dimiliki siswa sangat baik dan mengembirakan, terbukti dengan prestasi yang mereka raih, apalagi di bidang tahfizh al-Qur’an yang melahirkan hafiz dan Hafizah, Hal ini sangat terkait dengan metode yang digunakan guru dalam mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apa metode yang digunakan dalam pembelajaran Tahfizh al-Qur’an di Perguruan Islam al-Risalah Padang Sumatera Barat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: Metode Tahfizh al-Qur’an di Perguruan Islam al-Risalah, sarana dan media yang digunakan dalam pembelajaran tahfizh al-Qur’an, faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tahfizh al-Qur’an di Perguruan Islam al-Risalah. Penelitian berbentuk Field Research dengan metode kualitatif dan pendekatan deskriptif, untuk pengumpulan data dan informasi, penulis melakukan observasi dan wawancara serta studi dokumentasi, selanjutnya menganalisa data dengan memilah dan memilih data yang sesuai dengan fokus penelitian, menyajikannya dalam bentuk pernyataan yang relevan dan akhirnya mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa penemuan yaitu: Pertama, Metode yang digunakan dalam pembelajaran tahfizh al-Qur’an di Perguruan Islam al-Risalah adalah metode Halaqah (duduk dengan membuat lingkaran) dengan jumlah 5-10 orang siswa dalam satu orang guru pembimbing (Murabbi). Kedua, sarana dan media yang digunakan dalam pembelajaran tahfidz adalah Masjid Madinaturrisalah tempat belajar putra dan mushallah tempat belajar putri, sedangkan media yang digunakan adalah mushaf al-Qur’an. Ketiga, faktor pendukung yang sangat berpengaruh terhadap penggunaan metode pembelajaran al-Qur’an di Perguruan Islam al-Risalah, di antara faktor pendukung tersebut adalah adanya komitmen orang tua dengan Perguruan Islam al-Risalah dan pemberian motivasi dari guru kepada siswa. Adapun motivasi tersebut: 1) motivasi internal, yaitu yang berasal dari dalam diri sendiri, 2) motivasi eksternal, yaitu motivasi yang timbul disebabkan dorongan dari luar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zulfitri |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 05:06 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 05:06 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10441 |
Actions (login required)
View Item |