PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH MX PADA MATERI FLUIDA UNTUK MENDUKUNG KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Gusnia Wati, Wati (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH MX PADA MATERI FLUIDA UNTUK MENDUKUNG KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
b. COVER+Per.Pemb+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text
c. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)
[img] Text
c. BAB III.pdf - Published Version

Download (510kB)
[img] Text
c. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
c. BAB V.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text
d. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text
e. FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Gusnia Wati. NIM.1414080818. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Macromedia Flash MX Pada Materi Fluida Untuk Mendukung Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi. Padang: Tadris IPA Konsentrasi Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2019. 210 halaman. Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya permasalahan yang ditemui di lapangan antara lain: sekolah sudah memiliki fasilitas teknologi seperti LCD dan lab komputer, namun penggunaannya masih minim, pelaksanaan proses pembelajaran yang diterapkan masih berupa sistem konvensional, media yang paling umum digunakan adalah media white board, belum banyaknya media pembelajaran yang bisa dijadikan sumber belajar mandiri bagi peserta didik, kurangnya media pembelajaran berupa video pembelajaran interaktif yang bisa disimpan dalam Android dan bisa digunakan di sekolah maupun di rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash MX pada materi fluida yang berkategori valid, praktis dan efektif. 2) menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash MX dalam bentuk CD pembelajaran dan video yang dapat disimpan dalam android. Inovasi pengembangan yang peneliti lakukan yaitu, dari segi desain tampilan, adanya soal evaluasi dalam bentuk quis, soal UN dan pembahasannya, kosa kata rumus fisika, dan video yang dapat disimpan dalam android. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapanan yaitu, tahap Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan) dan tahap Evaluation (Evaluasi). Uji validitas media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash MX dilakukan oleh 5 orang ahli yang dilihat dari segi bahasa, materi/isi, dan media. Uji praktikalitas terhadap media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash MX dengan menggunakan lembar angket praktikalitas diisi oleh 2 orang pendidik IPA dan 15 orang peserta didik kelas XI MIA SMAN 2 Koto Baru Dharmasraya yang dilihat dari segi efisiensi waktu, dan kemudahan penggunaan media. Uji efektifitas terhadap media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash MX dilihat dari kemandirian belajar peserta didik dengan menggunakan lembar angket efektifitas yang diisi oleh 20 orang peserta didik kelas XI MIA SMAN 2 Koto Baru Dharmasraya. Hasil penelitian menunjukkan, (1) media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash MX pada materi fluida sangat valid dengan persentase rata-rata 87%. (2) media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash MX pada materi fluida sangat praktis dengan persentase rata-rata 91.5%. (3) media pembelajaran fisika berbasis macromedia flash MX pada materi fluida sangat efektif dengan persentase rata-rata 84%. i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:04
Last Modified: 03 Aug 2022 04:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10392

Actions (login required)

View Item View Item