PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS RENDAH SDN 40 KORONG GADANG KECAMATAN KURANJI PADANG

Tri Ramadhani, Tri (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS RENDAH SDN 40 KORONG GADANG KECAMATAN KURANJI PADANG. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover, persetujuan, absrak.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (93kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAK1.pdf - Published Version

Download (21kB)
[img] Text
SKRIPSI TRI RAMADHANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (919kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam Pembelajaran Tematik di SDN 40 Korong Gadang ini adalah: (1) Pendidik kurang melakukan variasi metode dalam kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, (2) Pendidik belum bisa menerapkan tiga mata pelajaran dalam satu tema, pendidik hanya bisa menerapkan dua mata pelajaran saja. Berdasarkan identifikasi masalah tersebut di tetapkan fokus penelitian , yaitu bagaimana penerapan pembelajaran tematik di SDN 40 Korong Gadang? Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran tentang: (1)Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Tematik di SDN 40 Korong Gadang KecamatanKuranji Kota Padang. (2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di SDN 40 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang. (3)Bagaimana Hasil Belajar Pembelajaran Tematik di SDN 40 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatifi. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik kelas rendah (I, II, dan III). Sumber data dalam penelitian ini adalah pendidik kelas rendah kelas rendah SDN 40 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang yang diambil melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu; data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan verification/conclusion (verifikasi/penarikan kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dalam perencanaan pendidik belum membuat pemetaan kompetensi dan jaringan tema. Pada pelaksanaan, pembelajaran didominasi oleh pendidik dan materi juga masih terpisah-pisah. Selain itu konsep pembelajaran seperti learning by playing juga belum tampak. Jenis penilaian yang digunakan pendidik adalah tes tertulis. Pendidik melakukan penilaianhanya pada ranah kognitif saja sedangkan pada ranah afektif dan psikomotor belum dilakukan. Namun dari hasil belajar peserta didik sudah memuaskan, nilai rata-rata peserta didik pada hasil evaluasi lebih dari 80 ke atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:23
Last Modified: 02 Aug 2022 03:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10360

Actions (login required)

View Item View Item