Pengaruh Pendistribusian Dana Zakat oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS Semen Padang terhadap Tingkat Kesejahteraan Mustahik (Studi di Kecamatan Lubuk Kilangan)

REKA ARNAS, REKA (2022) Pengaruh Pendistribusian Dana Zakat oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS Semen Padang terhadap Tingkat Kesejahteraan Mustahik (Studi di Kecamatan Lubuk Kilangan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL.

[img] Text (Skripsi)
Reka Arnas.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Tingkat kesejahteraan merupakan kondisi dimana seseorang bisa memenuhi kebutuhan pokok. Salah satu yang dapat meningkatkan kesejahteraan mustahik yaitu dengan adanya pendistribusian zakat oleh lembaga zakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah pendistribusian dana zakat oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Semen Padang berpengaruh terhadap Tingkat Kesejahteraan Mustahik di Kecamatan Lubuk Kilangan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendistribusian dana zakat oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Semen Padang berpengaruh terhadap Tingkat Kesejahteraan Mustahik di Kecamatan Lubuk Kilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mustahik yang menerima dana zakat. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data dalam penelitian ini diambil menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 66 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana yang diolah menggunakan program SPSS Statistik versi 25.0. Berdasarkan hasil penelitian pendistribusian dana zakat yang diberikan kepada mustahik oleh UPZ BAZNAS Semen Padang mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kesejahteraan mustahik. Hal ini terlihat dari nilai t > t (7,799 > 1,998) dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, dan memiliki pengaruh sebesar 48.7% dan sisanya 51.3% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Pendistribusian dana zakat ini mampu mensejahterahkan mustahik karena dengan adanya bantuan zakat berupa uang yang dibelikan untuk alat dan keperluan usaha lainnya, mempermudah mustahik dalam berusaha, sehingga dengan begitu pendapatan mustahik bisa meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendistribusian, Dana Zakat, Tingkat Kesejahteraan Mustahik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Bustanul Syukri Pustakawan
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:18
Last Modified: 28 Jul 2022 02:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10333

Actions (login required)

View Item View Item