Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Perempuan Melalui Pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah di Sumatera Barat

FITRI HANDAYANI, FITRI (2022) Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Perempuan Melalui Pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah di Sumatera Barat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL.

[img] Text (Skripsi)
36 . FITRI HANDAYANI.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pemberdayaan merupakan serangkaian kegiatan untuk memperkuat kekuasaan atau keberdayaan kelompok yang lemah dalam masyarakat, dengan cara mendorong, memotivasi, dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki serta berupaya untuk mengembangkan potensi itu menjadi sebuah tindakan yang nyata. Dengan pembiyaan paket masa depan dari BTPN Syariah dapat mewujudkan pemberdayaan terhadap masyarakat pra-sejahtera di pelosok Desa Sumatera Barat. Target dari program pembiyaan paket masa depan adalah UMKM perempuan. Penelitian ini bertujuaan untuk menganalisis pemberdayaan yang dilakukan oleh BTPN Syariah melalui pembiayaan paket masa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah yang tergabung dalam program pembiayaan paket masa depan oleh BTPN Syariah di Sumatra Barat berjumlah 75.000 nasabah, untuk mendapatkan sampel penulis menggunakan metode simple random sampling sehingga sampel berjumlah 6 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian didapatkan melalui teknik Model Miles dan Huberman yang menggunakan pola analisis yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verivikasi bahwa, peran pemberdayaan yang dilakukan oleh Bank BTPN Syariah merupakan pembiyaan yang diberikan kepada nasabah sekaligus memberikan pendampingan langsung. Pendampingan ini diberikan kepada perempuanperempuan pra-sejahtera yang produktif, dimana perempuan-perempuan ini berkeinginan untuk membuka usaha sampai dengan yang telah memiliki usaha. Nasabah yang bergabung dalam program paket masa depan dengan menggunakan akad murabahah bil wakalah. Pemberdayaan yang diberikan melalui program pembiayaan paket masa depan ini yang dikhususkan kepada UMKM perempuan tanpa jaminan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas eknomi dan Bisnis > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Perpus UIN IB Padang
Date Deposited: 19 Jul 2022 09:46
Last Modified: 19 Jul 2022 09:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10296

Actions (login required)

View Item View Item